logo

Warga Solo Mulai Antusias Menukarkan Uang Baru

Warga Solo Mulai Antusias Menukarkan Uang Baru

Warga menukarkan uang pecahan baru di Kantor Pos Besar Solo
14 Mei 2019 20:19 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Warga mulai antusias menukarkan uang baru untuk kebutuan Lebaran di Kota Solo, Jawa Tengah. Setelah Senin (13/5/2019) kemarin hanya dilayani dengan mobil kas keliling, mulai Selasa (14/5/2019) perbankan, kantor pegadaian, BPR/BPRS serta kantor pos sudah bisa melayani penukaran uang baru.

Menurut Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Pewakilan BI Solo, Taufiq Amrozy, estimasi kebutuhan uang Lebaran tahun ini sebesar Rp5,4 triliun.

"Masyarakat mulai antusias menukarkan uang tetapi tidak berjubel seperti beberapa tahun lalu," ujarnya.

Untuk mengantisipasi antrean panjang warga yang menukarkan uang, KPwBI juga telah menambah jumlah titik penukaran menjadi 150 titik. Tahun ini, kantor pos juga melayani penukaran uang baru.

"Semakin banyak titik penukaran semakin memudahkan masyarakat dan masyarakat tidak lagi menukarkan uang di tempat-tempat yang tidak jelas," katanya.

Menurut Taufiq, antrean panjang terjadi pada hari pertama penukaran uang di mobil kas keliling di Stasiun Solo Balapan. Karena antusiasme masyarakat yang tinggi.

"Mobil kas keliling kemarin menyediakan Rp300 juta dan langsung habis dan dibatasi hanya 75 penukar. Satu mobil kas keliling estimasinya menyediakan uang sebesar Rp300 juta hingga Rp500 juta," jelasnya.

Setiap penukar dibatasi penukaran per hari maksimal Rp4,4 juta. Untuk menghindari penukaran berulang dalam satu hari, setiap penukar wajib mencelupkan jari ke tinta. Petugas juga melakukan screaning KTP. ***

Editor : Yon Parjiyono