logo

Hindari Macet Saat Mudik, Ini Jalur Alternatif Menuju Cirebon

Hindari Macet Saat Mudik, Ini Jalur Alternatif Menuju Cirebon

Jalur alternatif Karangampel, Indramayu. (Ist).
14 Mei 2019 16:54 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - CIREBON: Jalur Pantura yang meliintasi Indramayu hingga Cirebon pada H-7 nantinya menjadi jalur yang dipadati oleh sejumlah kendaraan bermotor saat pelaksanaan arus mudik lebaran pada Mei-Juni 2019.

Berdasarkan penyusuran suarakarya.id, Selasa (14/5/2019), kondisi jalan Indramayu-Ciirebon relatif mulus hanya saja terdapat beberapa titik jalan berlubang dan tidak rata akibat tambalan, sehingga menjadi perhatian bagi Anda (Pemudik) yang melewati jalur tersebut.

Sedangkan untuk kondisi penerangan cukup memadai. Terpantau memang terdapat banyak lampu Peneramgan Jalan Umu. (PJU) di sepanjang jalan yang di pasang oleh pemerintah daerah setempat. Menariknya, sebangian PJU dilengkapi dengan panel Surya sehingga irit listrik.

Selain jalur Pantura Indramayu-Cirebon yang bisa anda lewati saat arus mudik, para pengendara bisa melewati jalur alternatif.

Saat di Simpang Lohbener, Anda akan dihadapkan untuk memilih jalan sebelah kanan ke Cirebon melewati Jati Barang, menuju Palimanan. Sementara itu, belok ke kiri melewati Kota Indramayu-Karang Ampel.

Jika Anda tidak ingin terjebak dalam kemacetan karena adanya Pasar tumpah di wilayah Tegal Gubug, maka bisa memilih melewati Kota Indramayu-Karang Ampel.

Meski tergolong memutar, namun perjalanan ke Cirebon yang melewati Karang Ampel jalannya mulus dan tidak seramai jalur Pantura.

Selain itu, disisi kanan dan kiri jalan, pemudik bisa menikmati pemandangan persawahan. Hanya saja karena tidak banyak dilewati pengendara dan jauh dari pemukiman warga, jalur tersebut rawan tindakan kriminal, apalagi minimnya penerangan juga mengakibatkan adanya potensi kecelakaan.

Untuk wilayah rawan, berdasarkan informasi yang kami himpun terdapat di Lohbener, Krangkeng dan Kapetakan.

Selain jalur yang sepi, di jalur itu juga terdapat beberapa lokasi wisata diantaranya Pantai Tirta Maya yang bisa menjadi alternatif bagi pemudik untuk melepas kelelahan.

Meski sepi, anda juga tidak perlu khawatir melewati jalan alternatif karena juga dilengkapi dengan adanya stasiun pengisian bahan bakar.

Dengan menempuh waktu sekitar 1 jam, Anda bisa melewati jalur tersebut. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto