logo

Di Tengah Ketegangan AS - Iran, Empat Kapal Diserang Di Teluk Oman

Di Tengah Ketegangan AS - Iran, Empat Kapal Diserang Di Teluk Oman

14 Mei 2019 02:42 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - FUJAIRAH: Empat kapal komersial menjadi sasaran serangan sabotase di Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Minggu. kementerian luar negeri negara itu mengatakan, insiden itu dilaporkan terjadi di dekat pelabuhan Fujairah, tepat di luar Selat Hormuz, tetapi tidak menimbulkan korban.

Arab Saudi mengkonfirmasi bahwa dua kapal tanker minyak Saudi mengalami kerusakan signifikan. Kapal lain terdaftar di Norwegia, sedangkan kapal keempat dilaporkan berbendera UEA.

Iran, yang berbatasan dengan selat, telah menyerukan penyelidikan penuh.

Ketegangan tinggi di wilayah ini. Sekitar seperlima minyak yang dikonsumsi secara global melewati area tersebut.

Bulan lalu, Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz jika dicegah menggunakan saluran air. Ini menyusul  keputusan AS untuk mengakhiri pembebasan dari sanksi bagi importir utama minyak Iran.

AS telah mengerahkan kapal perang ke kawasan itu dalam beberapa hari terakhir untuk melawan apa yang disebutnya indikasi jelas ancaman dari Iran terhadap pasukannya dan lalu lintas maritim. Iran menolak tuduhan itu sebagai omong kosong.

Seorang pejabat militer AS mengatakan kepada BBC bahwa, atas permintaan UEA, Amerika telah mengirim tim penyelidik yang berpengalaman untuk membantu menentukan penyebab kerusakan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melakukan kunjungan yang tidak direncanakan ke Brussels pada hari Senin untuk membahas Iran dengan para menteri luar negeri Eropa. ***