logo

Jelang Arus Mudik Petugas Terminal Tirtonadi Lakukan Rampcheck Bus

Jelang Arus Mudik Petugas Terminal Tirtonadi Lakukan Rampcheck Bus

Petugas Terminal Tirtonadi Solo melakukan pengecekan armada bus
13 Mei 2019 21:38 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO:  Petugas Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, mulai melakukan rampcheck atau pemeriksaan kelaikan armada bus, di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (13/5/2019). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan kelaikan kendaraan terutama untuk arus mudik Lebaran.

Menurut Kepala Seksi Angkutan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Solo, Waskito Diantono, di sela-sela pemeriksaan mengatakan kegiatan ini akan rutin dilakukan terutama selama arus mudik Lebaran.

"Untuk memastikan kesiapan kendaraan. Pemeriksaan meliputi administrasi kendaraan, seperti surat kendaraan, izin kir dan juga administrasi lainnya," jelasnya.

Selain itu juga fisik dan kelengkapan armada juga tidak luput dari pemeriksaan. Seperti pemeriksaan ban, wiper, lampu, klakson, rem, serta kelengkapan lainnya.

"Jika ada kendaraan yang tidak laik, kami rekomendasikan untuk dilakukan perbaikan dulu," jelasnya lagi.

Kendaraan yang dinyatakan lengkap dan laik jalan akan ditempeli stiker di kaca bus. Menurut Waskito dengan ditempelo stiker, calon penumpang bisa mudah memilih armada yang sudah dinyatakan laik jalan.

"Kami tidak memiliki kewenangan untuk mengandangkan bus, tapi hanya merekomendasikan," katanya.

Rampcheck yang dilakukan petugas Terminal Tirtonadi tersebut bertujuan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang. Selain dilakukan di terminal, pemeriksaan armada juga dilakukan di garasi Perusahaan Otobus (PO) di Kota Solo. ***

Editor : Azhari Nasution