logo

LIPI Kirim 8 Pelajar Ke Ajang Intel ISEF 2019 Di Amerika Serikat

LIPI Kirim 8 Pelajar Ke Ajang Intel ISEF 2019 Di Amerika Serikat

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko (tengah) bersama delapan pelajar yang dikirim ke Amerika Serikat. (foto, ist)
10 Mei 2019 21:53 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengirimkan delapan pelajar Indonesia tingkat SMA dan Madrasah Tsanawiyah ke Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2019, yang akan berlangsung di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, pada 12-18 Mei 2019 mendatang.

Para pelajar yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi ilmiah remaja tingkat internasional tersebut dilepas keberangkatannya oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Mereka adalah pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI tahun 2018. Para wakil Indonesia tersebut ialah William dari SMA Santa Laurensia dengan proyek penelitian terkait modifikasi teknologi sayap pesawat untuk efisiensi dan keselamatan penerbangan, Michaela Samanta dari SMAK Penabur Gading Serpong yang meneliti teknologi genetika untuk menghasilkan beras berprotein hewani, untuk akses pangan bagi keluarga miskin.

Angeline Freshbi Chesa Halim dan Anglila Siddha Paramarthastri (SMA Negeri 8 Yogyakarta) yang mengembangkan terapi autisme online berbasis kanal YouTube, I Made Wiratathya Putramas dan Carolline Mathilda Nggebu (SMA Negeri 3 Denpasar) lewat proyek penelitian pengembangan zat aktif dari tumbuhan mangrove jenis Rhizophora apiculata, untuk cat ramah lingkungan pada kapal laut, serta Putu Diwyandaani Priyahita dari SMA Negeri 7 Denpasar yang meneliti potensi listrik dari mikrolga (Biological Photovoltaic).

Selain itu, Indonesia juga akan mengirimkan delegasi guna mengkuti program Broadcom MASTERS® International and Official Observer to Intel ISEF. Program ini diperuntukkan bagi siswa setingkat SMP atau sederajat, guna melihat kegiatan Intel ISEF serta berbagi pengalaman dan proyek penelitian dengan 26 delegasi dari 19 negara.

Editor : Gungde Ariwangsa SH