logo

Peringatan Dini BMKG, Potensi Hujan Lebat Sejumlah Wilayah Indonesia

Peringatan Dini BMKG, Potensi Hujan Lebat Sejumlah  Wilayah Indonesia

Sebagian wilayah di Jakarta Raya akan dilanda hujan lebat pada sore hari ini, Selasa (7/5/2019).
07 Mei 2019 07:11 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia berikut hari ini, Selasa (7/5/2019).

Informasi tersebut dikeluarkan BMKG pada Senin (6/5/2019) melalui laman resmi bmkg.go.id pada pukul 10.54 WIB.

Peringatan dini ini berlaku sejak Senin (6/5/2019) 10.54 WIB hingga Selasa (7/5/2019). BMKG menjelaskan, Terdapat pusat tekanan rendah (Low) di Samudera Pasifik Utara Papua dan di Laut Banda. Belokan angin terdapat di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Laut Jawa, Kalimantan Selatan,Sulawesi tenggara, Maluku dan Papua.

Konvergensi terdapat di Kalimantan Timur. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan dini cuaca ekstrem Hujan Lebat disertai Angin Kencang di wilayah itu.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami perubahan cuaca ekstrem pada 6 Hingga 7 Mei 2019, seperti dikutip Tribunnews dari situs BMKG. Jambi, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Yogyakarta.

Sementera itu, Kabid Humas BMKG, Taufan Maulana mengatakan masyarakat di Jakarta Raya hendaknya waspada dengan potensi hujan lebah dan angin kencang yang akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

"Warga yang hendak beraktifitas di.luar ruangan hendaknya waspada. Khusus para pengendara jangan parkir di bawah pohon besar yang berpitensi patah dahannya menjatuhi kendaraan," kata Taufan.

Editor : Yon Parjiyono