logo

Warga Obi (Malut) Partisipasi Bersihkan Pantai Pasir Putih

Warga Obi (Malut) Partisipasi Bersihkan Pantai Pasir Putih

06 Mei 2019 01:20 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - TERNATE: Sejumlah warga pulau Obi, kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut)  berpartisipasi membenahi objek wisata pantai pasir putih Kawasi dengan mengangkat seluruh sampah dan sosialisasi mengenai pengembangan pantai tersebut.

Pemerhati lingkungan desa Kawasi, Ida Nurdin dihubungi dari Ternate, Minggu (5/5/2019), seperti dilansir Antara, mengatakan, sosialisasi pengembangan pantai Kawasi harus terus digalakkan, terutama bagi warga di sekitar pantai pasir putih untuk tidak membuang sampah di kawasan itu.

Sebab, pantai pasir putih Kawasi merupakan salah satu objek wisata andalan yang bisa dimanfaatkan warga saat berlibur ke pulau Obi, karena memiliki pantai indah untuk dikembangkan sebagai objek wisata di kabupaten Halsel.

Olehnya itu, pihaknya menggandeng CSR Harita Nickle Division untuk mendukung program bebas sampah dengan menyediakan tempat sampah berwarna yang disesuaikan dengan jenis sampah, masyarakat semakin mudah dalam membuang sampah.

Sebelumnya, tim CSR memang membagikan peralatan kebersihan berupa sapu dan tong sampah berwarna dan tempat sampah tersebut diperuntukkan bagi jenis sampah yang berbeda warna hijau bagi sampah organik, warna kuning bagi sampah anorganik, serta warna merah bagi sampah logam dan bahan berpotensi berbahaya (B3). Adapun tiga jenis tong sampah tersebut disebar di 80 titik di desa Kawasi.

Selain membagikan peralatan kebersihan, dalam acara ini juga diselenggarakan kerja bakti di pesisir pantai Desa Kawasi. Pihak perusahaan, pemerintah desa serta masyarakat bahu-membahu membersihkan sampah yang berserakan di sekitar Pantai Kawasi.

Sementara itu, Kepala Urusan Kemasyarakatan desa Kawasi, Ledrik Langkody ketika dikonfirmasi menyatakan, kegiatan CSR Harita Nickle Division ini harus mendapat dukungan masyarakat, agar pengembangan potensi pariwisata terutama objek wisata Pantai Kawasi bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

Menurutnya, hal ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan tidak membuang sampah di Pantai Kawasi.

"Ini program yang baik bagi masyarakat dan bisa perbaiki lingkungan dan kesehatan masyarakat, agar Pantai Kawasi bisa bebas sampah," ujarnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto