logo

Hasil Pembangunan Desa Tidak Lepas Dari Inovasi Kepala Desa

Hasil Pembangunan Desa Tidak Lepas Dari Inovasi Kepala Desa

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (kedua dari kanan). (foto, ist)
01 Mei 2019 21:12 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: "Kami mengapresiasi dengan penganugerahan penghargaan untuk desa. Ini akan merangsang kepala daerah lain untuk memajukan daerahnya. Selain itu, komitmen kebijakan pemerintahan Joko Widodo mengalokasikan APBN ke daerah lebih besar dari pada ke pusat," tutur Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, saat menjadi pembicara dalam acara event Sindo Weekly Government Award 2019 di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (30/4/2019). 

Dia menilai hasil pembangunan di desa terus bergeliat. Hal tersebut, imbuhnya, tidak terlepas dari peran para kepala daerah dalam berinovasi membangun daerahnya.

Mendes mengapresiasi seluruh kinerja yang dilakukan pemerintah daerah, melalui penghargaan Government Award 2019. DIa melanjutkan, dalam kurun waktu empat tahun pencairan dana desa dengan total Rp 257 triliun, akan terus dinaikan hingga Rp 400 triliun.

Dana desa pun telah mampu mengurangi kemiskinan di desa lebih besar dari penurunan kemiskinan di kota. Hal tersebut menurutnya tidak terlepas dari komitmen kepala daerah.

Ekonomi perdesaan, disebutkan, tumbuh 5.87 persen pada tahun 2018. Pendapatan per kapita warga desa meningkat sepanjang 2014-2017, rata-rata peningkatan warga desa 6,13 persen per tahun selama periode 2015 - 2017.

Ke depannya, dalam rangka pertumbuhan ekonomi, konektivitas dari kabupaten dan provinsi ke akses tol, pelabuhan, bandara akan diperbaiki "Peran dari kepala daerah sangat besar," ucapnya.

Mendes menyatakam, tahun depan dana desa akan dinaikkan dari Rp70 triliun menjadi Rp75 triliun. Karenanya, dia berpesan pada kepala daerah untuk mengembangkan model-model, seperti bursa inovasi desa, pelatihan-pelatihan. Dan berharap ada lagi penghargaan untuk desa-desa inovatif untuk meningkatkan perekonomian.

Petlu diketahui, Sindo Weekly Government Award 2019 ini merupakan penghargaan bagi daerah berprestasi di tingkat kota, kabupaten, provinsi. Tujuannya untuk penyemangat bagi daerah lain untuk berinovasi dan berprestasi bagi kesejahteraan masyarakat.

Editor : Azhari Nasution