logo

Mensos Apresiasi Kiprah DNIKS Mendorong Kesejahteraan Sosial Di Masyarakat

Mensos Apresiasi Kiprah DNIKS Mendorong Kesejahteraan Sosial Di Masyarakat

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (jongkok) menyapa peserta rakor DNIKS yang menggunakan kursi roda. (foto, ones)
29 April 2019 21:09 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dewan Nasional Indonesia Kesejahteraan Sosial (DNIKS) secara responsif dapat menangkap isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat. Lalu, diterjemahkan melalui praktik pembinaan budaya peduli sesama dan program-program aksi yang aplikatif.

Demikian dikatakan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartadasmita, pada sambutannya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional DNIKS Tahun 2019, di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Karenanya, dia menyambut positif keberadaan DNIKS dengan berbagai kiprahnya, mendorong kesejahteraan sosial masyarakat. Pada kesempatan itu, Mensos meluncurkan tujuh program DNIKS yang semuanya merupakan layanan berbasis digital.

Dalam kegiatan rakor yang dihadiri sedikitnya 400 peserta ini, mengambil tema “Peningkatan Eksistensi LKKS dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial”. Dia mengatakan, DNIKS berperan mengkoordinasi lembaga-lembaga kesejahteraan sosial di Indonesia baik di provinsi, kabupaten dan kota.

"Dengan berbagai programnya, DNIKS juga mengupayakan pemberdayaan bagi seluruh anggota Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS). Yang telah terdaftar sebanyak 38.000 organisasi yang diberdayakan oleh DNIKS,” tutur Mensos.

Secara khusus, dia juga mengapresiasi kiprah Ketua Umum DNIKS Tantyo Adji Sudharmono. Dikemukakannya, figur Tantyo Sudharmono merupakan sosok yang langka.

“Kalau mau fokus ke bisnis, sebenarnya Mas Tantyo juga bisa. Namun, beliau memilih lebih bercapek-capek membantu masyarakat mengembangkan program kesejahteraan sosial,” ujarnya. .

Ke depan diharapkan DNIKS menjadi mitra strategis Kementerian Sosial (Kemensos). Pasalnya, memang program DNIKS sama dengan Kemensos. Mensos juga menyatakan terima kasih atas andil DNIKS selama ini, yang telah menyelenggarakan berbagai program kesejahteraan sosial.

Yang didesain untuk pengembangan kewirausahaan sosial khususnya masyarakat lapis bawah. “Layanan dan bantuan yang diberikan DNIKS bersifat merespon kebutuhan pengembangan usaha ekonomis produktif,” kata Mensos.

Editor : Azhari Nasution