logo

Dirut PT KAI Resmikan Klinik Mediska Stasiun Solobalapan

Dirut PT KAI Resmikan Klinik Mediska Stasiun Solobalapan

Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro meresmikan klinik Mediska Stasiun Solobalapan
24 April 2019 16:06 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, meresmikan Klinik Medis Kereta Api (Mediska) Stasiun Solobalapan, di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/4/2019). Selain di Solobalapan, klinik serupa juga diresmikan di enam daerah lain yakni di Sragen, Muara Enim, Jember, Probolinggo, Banyuwangi, serta Sidoarjo.

"Saya bangga, teman-teman di Daop 6 ini tidak hanya mencari untung tetapi salah satunya seperti yang didengungkan Ibu Menteri, bahwa BUMN hadir untuk negeri," kata Edi seusai peresmian.

Klinik Mediska tersebut menjadi salah satu bukti BUMN hadir untuk negeri. Karena PT KAI tidak hanya memberikan layanan transportasi saja kepada masyarakat tetapi juga layanan kesehatan.

Sebelumnya, klinik kesehatan berada di dalam Stasiun Solobalapan, tetapi untuk menjangkau layanan kesehatan kepada masyarakat umum klinik dipindah ke luar lokasi stasiun.

"Tentu saja ada standarnya, di klinik ini ada tenaga medis dokter yang handal. Kami memiliki 30 ribu pegawai, jika dulu layanan kesehatan hanya didedikasikan bagi pegawai kini kepada masyarakat. Apalagi BPJS juga sudah masuk," jelasnya.

Klinik tersebut menurut Edi akan sangat membantu masyarakat apalagi saat ini mendekati operasi Lebaran. Dirinya berharap klinik bisa beroperasi terus. Keberadaa klinik tersebut juga untuk melengkapi railklinik yang telah dioperasikan sebelumnya. Railklinik digunakan untuk melayani kesehatan masyarakat yang tidak terjangkau layanan kesehatan.

"Masyarakat yang tidak terjangkau layanan kesehatan dengan railklinik bisa terlayani. Intinya kami memberikan layanan kepada masyarakar," katanya lagi.

Klinik Mediska Solobalapan dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain, ruang tindakan, ruang konsultasi, ruang periksa dan umum, ruang pemeriksaan dokter, ruang ibu menyusui dan instalasi farmasi.

Sedangkan untuk jenis layanan ada klinik umum, gigi, ibu dan anak, keluarga berencana serta pemeriksaan laboratorium sederhana. Untuk saat ini klinik yang terletak di Jalan Monginsidi Banjarsari Solo atau sekitar 500 meter dari Stasiun Solobalapan, beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB setiap Senin hingga Sabtu.

"Dengan dipindahkannya klinik ke luar stasiun diharapkan bisa lebih optimal memberikan layanan kepada masyarakat umum disamping pegawai dan keluarganya," tambah EVP Daop 6, Eko Purwanto. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto