logo

Anies Minta 11.999 Lansia Diprioritaskan Saat Ambil Uang KLJ

Anies Minta 11.999 Lansia Diprioritaskan Saat Ambil Uang KLJ

Gubernur DKI Anies Minta 11.999 lansia yang ambil uang KLJ di Bank DKi Diprioritaskan
24 April 2019 13:21 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah, Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).

Prigram KLJ diberikan kepada lansia dengan kriteria berusia di atas 60 tahun, memiliki KTP DKI, tidak memiliki penghasilan tetap/ kurang mampu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, terlantar secara psikis dan sosial, dan sakit telah menahun dan/atau hanya terbaring di tempat tidur.

“Jadi intinya adalah orangtua di Jakarta harus kita hormati kita hargai kita lindungi termasuk dalam kesejahteraannya, Karena itulah kemudian kita memberikan program bantuan keuangan kepada mereka dan ini dibagikan lewat Bank DKI. harapannya dengan adanya bantuan ini maka mereka akan bisa hidup lebih layak,” ujarAnies dalam sambutannya.

Prosedur pengambilan dana dari KLJ ini juga sederhana, masing-masing lansia menerima dana bantuan sosial (bansos) PKD Lansia sebesar Rp600.000 per orang per bulan (sesuai dengan Keputusan Gubernur No.406 Tahun 2018).

Dengan mekanisme penyaluran dananya per triwulan dari Rekening KLJ Dinas Sosial DKI Jakarta ke masing-masing rekening lansia dengan pengambilan dananya per bulan.

Selain itu, mantan Mendikbud ini menekankan bahwa pengambilan dana oleh para lansia nantinya haruslah didahulukan . Gubernur Anies ingin para lansia diperlakukan sebagai customer platium atau lebih diprioritaskan dalam pencairan KLJ.

“Saya sampaikan kepada Bank DKI perlakukan orang tua sebagai customer platinum . Meskipun mereka secara ekonomi lemah tapi mereka adalah orang tua kita yang dulu mendidik membesarkan kita dan ibu kota harus menjadi tempat yang menghargai mereka yang sudah berjasa untuk kita,” tuturnya.

Pemberian Bansos PKD Lansia melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) ini berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD. Kemudian Peraturan Gubernur Nomor 193 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Sosial Untuk pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Usia, dan Keputusan Gubernur Nomor 406 Tahun 2018 tentang Penetapan Besaran Bantuan Sosial untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar bagi Lanjut Usia.

Tahun 2019 tersedia anggaran untuk Bansos PKD Lansia sebesar Rp. 291.016.800.000, dengan sasaran sebanyak 40.419 lansia penerima manfaat yang penyalurannya dibagi dalam 2 tahap.

Sebanyak 28.420 lansia yang telah mendapatkan KLJ di tahun 2018 secara otomatis telah menerima dana bansos PKD lansia dan dapat menarik dananya melalui ATM Bank DKI dari Januari - Maret 2019. Sedangkan bagi pemegang KLJ baru., akan didistribusikan kepada 11.999 Lansia Penerima Manfaat baru yang telah melalui proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT), dan mulai didistribusikan hari ini untuk 5 wilayah kota di Jakarta.

Editor : Yon Parjiyono