logo

Pemuka Agama Di Depok Deklarasikan Rumah Ibadah Ramah Anak

Pemuka Agama Di Depok Deklarasikan Rumah Ibadah Ramah Anak

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Hj. Elly Farida (dua dari kiri) dan pemuka agama tandatangani deklarasi rumah ibadah ramah anak
23 April 2019 09:57 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Sebanyak 50 pemuka berbagai agama di Kota Depok, Jawa Barat, mendeklarasikan rumah ibadah ramah anak. Mereka pun menandatangani komitmen tersebut agar setiap anak yang berada di tempat ibadah tetap nyaman mengikuti orangtuanya selama beribadah.

Deklarasi yang berlangsung di Balai Kota Depok, Senin (22/4/2019), dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Hj. Elly Farida, Asisten bidang hukum Sri Utomo, Kepala Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Keluarga (PAPMK) Kota Depok Nessi Annisa Handari.

Dalam kesempatan itu Elly Farida mengatakan, deklarasi ini seiring dengan upaya Pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan kota layak anak. Warga kota yang majemuk, tuturnya, harus sama-sama memberi perhatian bahwa semua anak berhak mendapatkan kesempatan bermain di tempat ibadahnya masing-masing.

“Dengan semboyan SERASI yaitu santun, empati, ramah, aman, sehat, dan indah yang bertujuan agar anak-anak dan orangtua harus ada rasa SERASI itu,” ujarnya.

Bagaimanapun, ucapnya, dunia anak adalah dunia bermain yang dengan bimbingan orangtua masing-masing mereka pun diajari untuk beribadah dengan baik. “Biasanya anak-anak selalu berisik, Jangan dimarahi, tapi sebaiknya mereka dibimbing agar bisa mengerti fungsi tempat ibadah selain mendekatkan diri kepada sang pencipta,” tuturnya.

Sementara Kasie Penengahan Hak Anak Dalam Bidang Sipil, Informasi, dan Partisipasi Provinsi Jawa Barat Yuyun Tejasukamana menambahkan soal fungsi masjid. “Masjid itu, selain tempat ibadah, juga tempat bermain yang ramah anak serta dijadikan untuk edukasi,” katanya. ***

Editor : Markon Piliang