logo

Aimas Kabsor, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Distrik

Aimas Kabsor, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Distrik

Polri/TNI Dan Kepala Distrik Aimas, Yuri (baju putih,tengah ) / Foto : (Yacob Nauly)
20 April 2019 14:16 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di Distrik (kecamatan) Aimas, Kabupaten Sorong (Kabsor), Papua Barat, dimulai Sabtu (20/4/2019) jam 9.00 pagi WIT.

Rapat pleno tersebut mendapat pengamanan dari aparat TNI/Polri dan dari pihak pemerintah diwakilkan kepada Kepala Distrik Aimas, Yuri S.Sos serta jajarannya  dan pihak terkait.  

Penghitungan surat suara dilakukan petugas PPD dengan disaksikan petugas PPS, panwaslu distrik  (kecamatan) dan saksi partai politik.

Petugas PPD merekap surat suara mulai dari presiden dan wakil presiden kemudian DPR- RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Rapat pleno di  Distrik Aimas digelar di depan kantor di bawah  naungan tenda sepanjang 30 meter lebih.

Ketua Panitia Pemilihan Distrik  (PPD)  Aimas, Agustinus Rumere, mengatakan, pelaksanaan Pemilu di  Distrik Aimas berjalan aman lancar dan tidak ada masalah.

Pihaknya menargetkan rapat pleno selesai dalam beberapa hari ke depan. “Pokoknya kami bekerja maksimal agar  tugas ini selesai dengan hasil memuaskan,” kata Rumere.

"Ada 11 Kelurahan dan  tiga kampung (desa) dengan 126 tempat pemungutan suara (TPS) di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Hari ini adalah kegiatan awal rapat pleno rekapitulasi tingkat distrik (kecamatan) mengingat beberapa hari ke depan adalah jadwal pertama untuk rapat pleno  bagi  semua distrik di Kabupaten Sorong,”katanya.

Rapat pleno distrik bertujuan untuk merekap hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kelurahan dan kampung.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Aimas, Yuri, S.Sos, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kepolisian  dan TNI, yang selama ini menjaga keamanan Pemilu di Distrik Aimas dan Kabupaten Sorong  umumnya.

“Kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong menyampaikan terima kasih kepada TNI/Polri dan masyarakat daerah ini. Pasalnya, semua pihak  mendukung sehingga pelaksanaan Pemilu di daerah ini aman hingga rekapitulasi  penghitungan suara hari ini,”kata Yuri kepada Suara Karya di Aimas, Sabtu (20/4/2019) siang.

Dikatakan, TNI/Polri  yang mengamankan jalannya Pemilu di  Kabupaten Sorong mulai berlangsung sejak awal hingga  kembalinya kotak suara yang tercoblos ke KPU.

Menurut  Yuri, pihak penyelenggara  mulai dari jajaran atas hingga paling bawah  kelihatannya bekerja sungguh-sungguh. “Ini membuat Distrik Aimas, yang  pertama melakukan pleno rekapitulasi  penghitungan suara di Kabupaten Sorong,”katanya. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH