logo

Ritual Cium Salib Peringati 'Jumat Agung'

Ritual Cium Salib Peringati 'Jumat Agung'

Ritual penciuman luka kaki salib Yesus. (Pudja/Suarakarya.id)
19 April 2019 22:15 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Umat Kristiani Indonesia dan seluruh dunia, Jumat (20/4/019), memperingati hari keagamaan Jumat Agung, yang dalam kalender nasional ditulis Hari Wafat Isa Al Masih atau Hari Wafat Yesus Kristus. Seorang umat prodiakon Katholik mencium luka kaki salib Yesus saat mengikuti misa kudus Jumat Agung di Stasi St Yohanes Paulus II Bojongmenteng, Rawalumbu, Bekasi, Jumat (20/4/2019).

Penghormatan akan salib melalui ritual penciuman salib dan juga Jalan Salib sebagai pengingat kembali kisah sengsara Yesus saat disalib di Golgota. 

Jumat Agung adalah hari penyaliban Yesus Kristus. Di hari ini, Yesus menyerahkan nyawanya kepada BapaNya di surga dengan terpaku di kayu Salib. Tergantungnya Yesus di kayu salib ini diyakini menjadi sebuah tanda penebusan dosa-dosa umat manusia. 

Peristiwa penting 'Jumat Agung' terjadi pukul 15.00 saat Yesus menyerahkan nyawanya kepada Bapa dan menyerukan kalimat "Bapa ke dalam TanganMu kuserahkan nyawaKu." 

Kemudian, tugas Yesus untuk menebus dosa dunia sudah terlaksana sesuai yang tertulis dalam Kitab Suci ditandai ketika Yesus mengucapkan kalimat, "Sudah selesai."

Selain ekaristi atau misa kudus di gereja, umat Katolik juga memaknai Jumat Agung dengan berpantang dan puasa -  bagi yang sudah cukup umur  - sebagai tanda pertobatan sekaligus untuk mengenang pengorbanan dan sengsara Yesus yang mati di kayu salib.

Adalah sebuah penghormatan yang besar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan 'selamat' kepada umat Kristiani Indonesia di tengah peringatan Jumat Agung melalui unggahan di laman Instagramnya, Jumat (19/4/2019).   

"Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani di seluruh tanah air ....," tulis akun @jokowi menyertakan foto ucapan 'Selamat Merayakan Hari Jumat Agung'. 

"Rasul Paulus mengajak untuk bersyukur atas iman yaitu keyakinan bahwa Allah telah memberikan kemenangan berkat Yesus Kristus," kata Ignasius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dalam surat gembalanya. ***

Editor : Pudja Rukmana