logo

Sinar Mas Land Buka NXL Esports Center Demi Edukasi Gamer Indonesia

Sinar Mas Land Buka NXL Esports Center Demi Edukasi Gamer Indonesia

16 April 2019 11:35 WIB
Penulis : Silli Melanovi

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan NXL Esports Center mengajak para gamer Indonesia menjadi bagian dari komunitas digital di BSD City. Kerja sama ini direalisasikan dengan dibukanya NXL Esports Center di The Breeze, BSD City.

Esports Center ini, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mengedukasi para gamer Indonesia. Mengusung konsep open to public, para menggemar Esports bisa menjelajah berbagai ruang/ spot seperti gaming room PCgaming room mobilegaming room consolconference room, streaming roomtrophy room, dan merchandise store dengan total luas lebih dari 230 m2. Di NXL Esports Center ini, terdapat sejumlah game yang biasa masuk dalam kategori Esports, diantaranya CS:GO, Mobile Legends, Hearthstone, PUBGM, FreeFire, dan lain lain. Bagi yang ingin berlatih di tempat ini, syaratnya mereka harus menjadi pemain profesional yang dikontrak oleh NXL. Selain akan dimanjakan dengan sejumlah sarana Esports, bagi para gamer yang ingin berlatih dan belajar di NXL Esports Center The Breeze juga mendapatkan mentoring dari para gamer profesional NXL.

Keberadaan NXL Esports Center di BSD City bertujuan untuk menjadi tempat berlatih para atlet tim NXL, serta menjadikan BSD City sebagai pusat berkumpulnya komunitas digital di Indonesia. Lebih jauh, pusat pelatihan Esports juga akan membangun potensi industri gaming dan mendorong sektor ekonomi digital nasional. Dalam Global Games Market Report 2018, Indonesia menduduki peringkat 20 besar dari segi pendapatan sektor gaming, yakni sebesar US$1,130 miliar atau sekitar Rp16 triliun. Angka tersebut diraih oleh 47 juta gamer di Indonesia. Angka ini akan terus tumbuh apabila didukung dengan ekosistem dan iklim yang baik.

Karenanya, kolaborasi antara Sinar Mas Land dan NXL ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda Indonesia untuk memajukan industri game tanah air sebagai wadah untuk mengembangkan potensi para gamer Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengatakan, perkembangan Esports di Indonesia luar biasa, disini kami mengajak NXL untuk hadir melengkapi ekosistem digital di BSD City. Game merupakan hal yang populer di kalangan anak muda Indonesia dan dapat menjadi sarana kegiatan positif dalam memanfaatkan teknologi digital. "Komunitas gamer Indonesia juga memiliki potensi yang besar untuk mendorong perekonomian digital Indonesia, namun terkadang banyak orangtua belum memahami hal ini, terkadang mereka berpikir negatif anak yang bermain game, nah disini kami mau ubah mindset tersebut. Oleh karena itu, Sinar Mas Land berupaya untuk menyediakan fasilitas yang mendukung perkembangan ekosistem Esports tersebut dengan membuka NXL Esports Center di The Breeze, BSD City. Harapannya akan semakin banyak digital talent yang masuk ke BSD City untuk berkreasi, belajar, dan berkarya baik khususnya para pecinta Esports,”kata Irawan.

Sementara Richard Permana, CEO NXL Esportsmenambahkan, pihaknya sangat senang mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam mengembangkan komunitas gamer di BSD City. "Di NXL Esports Center, kami mengembangkan program untuk melatih para gamer dalam hard skill maupun soft skill seperti team work untuk meraih kemenangan,"katanya.

Menurut Richard, kehadiran NXL Esports Center di BSD City merupakan pelengkap komunitas digital yang ada di BSD City. Sebelumnya BSD City telah berhasil mengundang sejumlah perusahaan startup digital, animasi, dan coding untuk membuka usahanya di kawasan ini. Sejumlah institusi pendidikan di bidang koding telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Purwadhika, dan Creative Nest Indonesia. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk mensupply para developers ke sejumlah perusahaan yang sudah ada di BSD City.  Komunitas ini nantinya akan mengisi kawasan Digital Hub yang memiliki area seluas 25,86 ha dan terletak di bagian selatan BSD Green Office Park.

Di NXL Esports Center, nantinya para pengunjung, baik fans maupun gamers bisa merasakan bermain Esports. Tidak hanya itu, para peserta juga bisa belajar dan menguji kemampuan diri dengan fasilitas yang telah disediakan. NXL merupakan salah satu team Esports tersukses dan tertua yang berasal dari Indonesia. Sejak tahun 2005, ratusan prestasi nasional dan internasional telah ditorehkan oleh para atlet esport NXL. Prestasi ini, merupakan bukti nyata profesi gamer dapat membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. “Kami menilai ini adalah next level team kami dengan membuka open to public facility seperti ini, dimana sebelumnya banyak penggemar kami yang mengeluhkan ingin mendukung serta ingin menonton aksi kami, tapi tidak memiliki akses langsung untuk datang ke markas kami. Ke depannya, NEC akan sering mengadakan event untuk melayani komunitas game tertentu dengan beragam turnamen, kelas pengajaran, dan nonton bareng misalnya.” ujar Richard Permana.

NXL dilengkapi dengan fasilitas high end seperti PC Case, Solusi Termal, dan Power Supply dari Cooler Master. Cooler Master merupakan merek komponen dan periferal komputer global yang berbasis di Taipei, dengan rekam jejak lebih dari 26 tahun untuk menunjang para professional gamer. Sebagai merek gaming terkemuka di dunia, NXL juga bekerja sama dengan MSI, merupakan perusahaan PC terpercaya dalam gaming dan esports. MSI telah mendedikasikan komitmennya untuk mendukung gamer dan komunitasesports. Mengingat perkembangan esports di tanah air semakin pesat peningkatannya, MSI turut memberikan kontribusinya dengan menjadi sponsor utama dari team NXL sejak tahun 2018.

MSI telah menjadi saksi bahwa selama setahun belakangan ini team NXL telah berkembang dan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk dunia esports di Indonesia. Dengan adanya NXL Esports Center ini, kedepannya tentu akan ada berbagai macam aktivitas yang diselenggarakan bersama dengan MSI. Salah satunya yang sudah direncanakan adalah MSI x NXL Classroom, dimana gamer secara langsung dapat mencoba dan mempelajari berbagai hal terkait dengan produk MSI sendiri maupun mengenai dunia gaming.

Prestasi tim NXL juga menarik perhatianJD.ID yang pada 2018 juga mendukung ajang JD.ID High School League (JD.IDHSL), ajang Liga esports SMA pertama dan terbesar di Indonesia. “Sesuai dengan misi JD.ID yaitu Advancing Indonesia, JD.ID melihat industri gaming sebagai salah satu bidang yang perlu dikembangkan demi mencapai misi tersebut. Kerja sama dengan tim NXL merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk memperkuat ekosistem industri gaming di Indonesia. Kami berharap pembukaan fasilitas terbaru NXL ini dapat menjadi rumah pendukung bagi generasi muda Indonesia untuk bertransformasi menjadi generasi esports unggulan di masa depan,” kata Henry Yacob, Head of Gaming and Computer AccessoriesJD.ID.

 

 

Editor : Silli Melanovi