logo

Pengadilan Tipikor Bakal Tentukan Nasib Idrus Marham Hari Ini

Pengadilan Tipikor Bakal Tentukan Nasib Idrus Marham Hari Ini

terdakwa Idrus Marham saat disumpah sebagai Mensos
16 April 2019 11:19 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Nasib mantan Menteri Sosial (Mensos) yang juga bekas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Idrus Marham, bakal ditentukan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta hari ini. Untuk itu, terdakwa Idrus Marham  akan menjalani sidang dan mendengar putusan kasus suap proyek PLTU Riau-1 hari ini di Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Iya benar sidang vonis (hari ini)," kata salah seorang pengacara Idrus Marham, Samsul Huda, di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Samsul berharap majelis hakim bisa memberikan vonis yang ringan pada Idrus Marham sesuai tindak pidana yang dilakukannya. "Harapan kami, majelis hakim memberikan putusan kepada klien kami Idrus Marham seringan-ringannya," kata Samsul.

Mantan Menteri Sosial itu sebelumnya dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan. Idrus diyakini jaksa pada KPK bersalah menerima suap Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Duit itu, disebut jaksa, diterima Idrus Marham untuk bersama-sama mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih, membantu Kotjo mendapatkan proyek di PLN. Uang itu disebut jaksa karena Idrus Marham ingin mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto.

Namun dalam pledoi atau pembeliannya, Idrus Marham mengklaim dirinya sebagai korban. Dia juga menyatakan sama sekali tidak menikmati secara pribadi uang suap baik dari Johanes Budisutrisno Kotjo maupun Eni Maulani Saragih. Idrus Marham berharap dirinya dihukum ringan saja dan tidak seberat Eni Maulani Saragih.

Editor : Gungde Ariwangsa SH