logo

Prof Jamal Wiwoho, Resmi Jabat Rektor Baru UNS Periode 2019-2023

Prof Jamal Wiwoho, Resmi Jabat Rektor Baru UNS Periode 2019-2023

Rektor lama Prof Ravik Karsidi menyerahkan kenang-kenangan kepada Rektor UNS yang baru Prof Jamal Wiwoho
15 April 2019 16:29 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) periode 2015-2019, Prof Dr Ravik Karsidi, menyerahkan jabatan kepada rektor baru Prof Dr Jamal Wiwoho. Serah terima jabatan rektor tersebut dilaksanakan di Gedung GPH Haryo Mataram, UNS Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (15/4/2019).

Sebelumnya, Prof Dr Jamal Wiwoho telah dilantik sebagai Rektor UNS periode 2019-2023 oleh Menristekdikti di Jakarta pada Jumat (12/4/2019) lalu.

"Pemilihan rektor melalui musyawarah mufakat seperti ini merupakan pertama kali terjadi di UNS. Semoga menjadi contoh bagi universitas lain karena nilai-nilai kekeluargaan menjadi jati diri bangsa yang mendasar," ujar Jamal Wiwoho.

Jamal juga mengatakan apa yang dilakukan di UNS saat pemilihan rektor baru tersebut mendapatkan apresiasi dari Menristekdikti. Menteri mengatakan salah satu faktor penting dari perguruan tinggi maju dan dewasa adalah saat pemilihan rektor yang dilakukan tanpa kegaduhan.

Pada kesempatan itu, Jamal juga menyebut beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan UNS selama kepemimpinan Ravik Karsidi. Yakni berhasil menempatkan UNS dalam ranking atas dari berbagai versi.

Diantaranya TOP 200 UniRank 4ICU, ranking 1.678 dunia, ranking 493 di Asia dan ranking 8 di Indonesia versi Webomatrics, juga berhasil menduduki ranking 401- 450 versi QS-AUR pada tahun 2018, serta memperoleh 3 bintang/stars versi QS Stars Rating.

"UNS dibawah kepemimpinan Prof Ravik Karsidi juga telah berhasil mempertahankan predikat sebagai institusi terakreditasi A," jelasnya.

Selama 4 tahun ke depan, dirinya akan meningkatkan publikasi ilmiah ke jurnal internasional. Pihaknya akan mendorong satu dosen menerbitkan satu publikasi ilmiah dalam satu tahun. Sebelum dilantik sebagai Rektor UNS yang baru, Prof Jamal Wiwoho menjabat sebagai Irjen Kemenristekdikti.

Sementara itu, Ravik Karsidi, dalam sambutannya berharap rencana pembangunan jangka panjang UNS tetap dapat dilanjutkan, yaitu tercapainya World Class University.

"Selanjutnya saya akan kembali mengajar sebagai dosen di FKIP UNS," ujar Ravik.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto