logo

Wonderfest Hadir Sebagai Jembatan Kasih Kebersamaan Orang Tua Dan Anak

Wonderfest Hadir Sebagai Jembatan Kasih Kebersamaan Orang Tua Dan Anak

14 April 2019 23:55 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Mengajak anak dengan bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang sang buah hati. Ada lima aspek tumbuh kembang anak yang bisa lebih optimal, yakni aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial. Ternyata disadari betul, salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern saat ini adalah susahnya menyeimbangkan lima aspek tersebut. Aspek kognitif dengan penggunaan gadget dan internet sejak dini lebih dominan diminati anak-anak.

Melihat pentingnya hal tersebut, perlu disediakan sebuah festival anak dan keluarga yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif.

Dalam kesempatan liburan anak-anak sekolah yang akan tiba dalam waktu dekat, Wonderfest hadir untuk kali pertama siap memberikan value bermain dengan senang, menghibur dan penuh edukasi. Wonderfest akan dihelat di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2019 nanti.

Anna Surti Ariani selaku psikolog anak dan keluarga menjelaskan bahwa, ada lima aspek penting tumbuh kembang anak yang bisa didapatkan dari bermain, yakni aspek fisik untuk menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus, aspek kognitif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan keluasaan wawasan, aspek bahasa untuk menambah kosa kata anak dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, aspek emosi untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya, serta aspek sosial untuk membuat anak bisa berteman dan bekerjasama. Bahkan belajarpun akan lebih efektif untuk anak jika bisa dilakukan sambil mereka bermain.

Saat ini, kata Anna, salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern mengenai tumbuh kembang anak adalah penggunaan gawai atau gadget dan internet sejak dini.

Berdasarkan data Survei Consumer & Media View (CMV) pada kuartal kedua 2016 yang dilakukan Nielsen ditemukan pula jumlah durasi rata-rata anak-anak di Indonesia saat menggunakan internet adalah 2 jam 29 menit.

"Maka dibutuhkan suatu inspirasi aktivitas yang bisa menyeimbangi kelima aspek yang dibutuhkan," jelas Anna dalam sesi diskusi dan perkenalan Wonderfest kepada media di Lewis & Carol, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2019) 

Desy Bachir selaku Co-Chairman Wonderfest menjelaskan berdasarkan pengalaman bersama tim sebagai penyelenggara Ideafest yang sudah diadakan bertahan-tahun, ada ruang persoalan yang perlu dijembatani dan dicarikan solusi cerdas karena kurangnya aktivitas anak atau perlu didesain acara edukatif yang didedikasikan khusus untuk anak dan keluarga apalagi saat liburan panjang sekolah.

"Sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif, Wonderfest ini kita harapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak yang optimal serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga,” jelasnya.

Mona Ratuliu yang dikenal sebagai figur publik dan juga penulis parenthink menceritakan pengalamannya dalam mengasuh anak-anaknya.

“Melek teknologi dan internet adalah keharusan bagi saya sebagai orang tua dari generasi Z dan Alfa. Dua generasi ini memang keseharian dan rutinitasnya lebih banyak didominasi oleh internet. Jadi saya harus cerdas dalam menyeimbangkan hal-hal lain yang menyangkut tumbuh kembang anak-anak, terutama saat mereka masih bayi hingga 12 tahun. Hadirnya Wonderfest menjadi pilihan acara yang menarik karena kegiatan edukatif dikemas dengan sangat menarik dan interaktif, sehingga anak-anak dan orang tua tetap bisa menikmati seluruh rangkaian acara tanpa merasa bosan,'ungkap Mona.

Wonderfest hadir sebagai referensi kegiatan utama bagi para anak-anak dan keluarga yang menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif selama masa liburan sekolah. Acara ini diharapkan bisa menyeimbangkan kelima aspek tumbuh kembang anak yang dibutuhkan, dan diterjemahkan ke dalam berbagai zona (Creative Zone, Science Zone, Active Zone, dan Play Zone).

Creative Zone adalah zona bagi anak-anak untuk ditantang kreativitas dan mengeksplor imajinasinya, seperti belajar menggambar dan membuat DIY.

Untuk si pencinta sains, tersedia zona Science Zone untuk anak-anak yang ingin mencoba hal baru sambil belajar, seperti Science Experiments, mengasah kemampuan logika, sampai bermain dengan teknologi interaktif," jelas Desy Bachir.

Active Zone juga disediakan untuk anak-anak yang ingin melatih kemampuan fisik sekaligus motoriknya, seperti bermain trampolin, wall climbing, sampai bermain mini soccer atau mini golf. Kemudian Play Zone zona untuk anak-anak yang suka bermain sambil belajar, seperti mandi bola dan ayunan.

Selain zona-zona yang interaktif dan edukatif, pengunjung juga bisa mengunjungi Wonder Stage yang akan menghadirkan talk show dengan topik-topik seru mengenai parenting, serta wonder house yang menghadirkan kompetisi serta aktivitas bagi anak-anak, termasuk kompetisi yang diadakan dari sekolah ke sekolah.

“Sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif, Wonderfest diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang mendukung tumbuh kembang anak yang seimbang, membuat proses belajar bisa sambil bermain, serta menjadi momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga,”ucap Desy. *** -

Editor : Pudja Rukmana