logo

Kemenaker Terus Bangun SDM Melalui Pelatihan Vokasi

Kemenaker Terus Bangun SDM Melalui Pelatihan Vokasi

Sekjen Kemenaker Soes Hindarno. (foto, ist)
11 April 2019 07:23 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - MAKASAR: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tetap fokus dan konsisten menggenjot pelatihan vokasi secara massif yang merupakan program prioritas.

"Setelah ada arahan Presiden Joko Widodo, untuk memprioritaskan pembangunan sumberdaya manusia (SDM), Kemenaker semakin massif melakukan pelatihan vokasi, lebih digenjot lagi,” kata Sekjen Kemnaker Khairul Anwar, dalam sambutannya yang disampaikan Karo Humas Kemenaker Soes Hindarno, pada acara Press Tour bertema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia” di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (10/4/2019).

Press Tour Kemnaker 2019 dihadiri oleh Kadisnakertrans Sulsel Agustinus Appang, Plt Kepala BLK Makassar Asadiah dan 37 peserta  wartawan yang bertugas meliput di lingkungan Kemenaker.

Soes mengatakan konsistensi keseriusan Kemenaker dalam pelatihan diperlihatkan dengan terus melakukan beberapa terobosan. Yakni massifikasi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), pemagangan terstruktur, srrta sertifikasi uji kompetensi.

Dia menjelaskan, massifikasi pelatihan di BLK sebagai upaya peningkatan daya saing manusia Indonesia. Yakni memberikan triple skilling: skilling, up-skilling dan re-skilling.

Skilling untuk angkatan kerja yang ingin mendapatkan skill. Up-skilling untuk pekerja yang ingin meningkatkan skill, re-skilling untuk pekerja yang ingin mendapatkan keterampilan baru. "Triple skilling tersebut untuk memastikan agar daya saing tenaga kerja lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja, " katanya.

Untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, pemerintah juga membangun BLK Komunitas. Tahun 2017 dengan 50 BLK Komunitas, dan meningkat setahun berikutnya menjadi 75 BLK Komunitas. "Tahun 2019 naik menjadi 1.000 BLK Komunitas berbasis pesantren," sebutnya. ***

Editor : Pudja Rukmana