logo

Para Pensiunan Agar Selalu Berpikir Positif Supaya Hidup Sehat

Para Pensiunan Agar Selalu Berpikir Positif Supaya Hidup Sehat

Menaker M Hanif Dhakiri berfoto bersama para pensiunan. (foto,ist)
01 April 2019 19:59 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Para pensiunan agar selalu berpikir positif supaya tetap terjaga kesehatannya. Kekuatan pikiran sangat dasyat. Pikiran positif, hati tenang, dan tetap beraktivitas akan membuat badan tetap sehat,.

Pesan tersebut disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri dalam sambutannya, saat menghadiri acara Penghargaan Pegawai Pensiun, di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Dia menjelaskan, karena terbiasa beraktivitas maka badan harus terus bergerak. "Cari kesibukan, apa saja kesibukannya yang penting tetap positif," ujarnya.

Dicobtohkannya, bisa dengan mencari pekerjaan baru, menyalurkan hobi, atau menikmati aktivitas bersama keluarga. Dengan begitu, kata dia, masa pensiun akan menjadi masa yang menyenangkan dan penuh kebahagiaan.

Menaker mengatakan, kontribusi dan pengabdian pegawai pensiun semasa bekerja sangat luar biasa. Sehingga, sampai saat ini, Kemenaker banyak mengalami perubahan dan perkembangan.

"Perubahan itu terjadi dari hal hal yang bisa dilihat secara kasat mata dan yang bersifat substantif," ungkapnya. Walau sudah pensiun, dia berharap para pegawai untuk terus berkontribusi dengan caranya masing masing, seperti berbagi pengalaman kepada junior.

"Kemenaker ini berpotensi tumbuh menjadi kementerian yang besar, syaratnya harus ada kerja sama yang bagus dan terus berinovasi," tuturnya

Perlu diketahui, acara Penghargaan Pegawai Pensiun diikuti oleh 200 orang sebagai perwakilan dari seluruh pegawai yang sudah pensiun. Sedangkan, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenaker berjumlah 3258 orang. Pada tahun 2017, pegawai Kemenaker yang pensiun sebanyak 140 orang, pada 2018 sebanyak 173 orang, dan pada tahun 2019 ini sebanyak 144 orang.

Editor : Gungde Ariwangsa SH