logo

Luhut Janjikan Pelatihan Pembudidayaan Lobster Untuk Nelayan Cikahuripan

Luhut Janjikan Pelatihan Pembudidayaan Lobster Untuk Nelayan Cikahuripan

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Nelayan, Cikahuripan, Kecamatan Cisolok , Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, (19/3/2019). 
19 Maret 2019 23:15 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - SUKABUMI: Saat berkunjung kunjungan kerja ke Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari Selasa (19/3/2019). Usai meninjau Dermaga Nelayan Cikahuripan Desa Menteri Koordinato Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menjanjikan adanya pelatihan pembudidayaan lobster kepada petani. 

Hal ini terkait dengan keberlangsungan sumber daya perikanan terutama lobster dan kepiting.  "Petanipun akan kita bantu supaya bagaimana dapat melakukan penangkaran lobster dan kepiting supaya tidak habis di alam," tuturnya sambil menyebutkan bahwa sudah ada pengusaha yang bersedia untuk melakukan pelatihan. 

Lalu, menyinggung soal Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) No.56/Permen-KP/2016 tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia, Menko mengatakan akan membicarakannya. 

"Tapi jangan sampai anda melaut tapi merusak lingkungan karena kalau ikan diambil sampai yang kecil-kecilnya maka anak cucu kita tidak bisa dapat ikan," ujarnya. 

Selain itu, Menko Maritim juga meminta agar kepiting rajungan tidak langsung diambil habis tanpa ada pengembang-biakan. "Saya minta pak Dandim dan Kapolres untuk bantu memberikan pelatihan-pelatihan kepada nelayan dan petani," tuturnya. 

Turut mendampingi Menko Maritim Luhut B Pandjaitan dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi antara lain Penasehat Presiden Bidang Timur Tengah Alwi Shihab, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin, Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, dan Wabup Sukabumi Akhmad Jajuli.

Editor : Gungde Ariwangsa SH