logo

Ketua KPU Kota Bekasi Akui Lalai Kawal Jutaan Surat Suara Pemilu

Ketua KPU Kota Bekasi Akui Lalai Kawal Jutaan Surat Suara Pemilu

Jutaan surat suara dibawa Truk (Engkol) tanpa terpal menuju Kantor KPU Kota Bekasi, di Jalan Ir. Juanda, Bekasi Timur, Selasa (19/3/2019).
19 Maret 2019 21:43 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengakui, pihaknya lalai dalam melakukan pengawalan surat suara pemilu 2019.

"Itu faktor kelalaian petugas. Seharusnya ditutup dengan terpal," kata Nurul kepada suarakarya.id melalui pesan WhatsApp, Selasa, (19/3/2019).

Kelalaian itu menyusul adanya kendaraan Truk (Engkol) yang membawa jutaan surat suara DPD RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat tanpa tertutup dengan terpal dan pengawalan petugas.

Seperti dikutip Beritasatu.com, ada sebuah Truk berplat nomor B 9282 YY pengangkut surat suara melaju di Jalan Ir. Juanda, menuju Kantor KPU Kota Bekasi. Namun parahnya, surat suara tersebut tampak tidak ada pengawalan dari pihak kepolisian.

"Biasanya, kami mengangkut surat suara ke Gudang Giant menggunakan 2 mobil box. Hari ini, karena kami harus mengosongkan ruang untuk surat suara yang akan datang kami mempercepat proses pengiriman dengan menambah Truk. Tapi rupanya, petugas lupa tidak menutup dengan terpal," kata Nurul.

Dia menyampaikan, KPU Kota Bekasi telah mendapatkan pengiriman surat suara DPD RI Provinsi Jawa Barat dari percetakan PT Gramedia Printing Cikarang. Adapun jumlahnya sebanyak 1715763 surat suara.

Perusahaan ekspedisi megirimkan surat suara dengan menggunakan 3 Truk Wingsbox dan 1 Truk sedang.

Sementar itu, KPU Kota Bekasi mendapatkan jumlah lembar surat suara sebanyak 6.863.052 atau 1715763 x 4 jenis surat suara Pilpres, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Pilpres. ***

 

Editor : Gungde Ariwangsa SH