logo

BUMDes Bagian Penting Penggerak Perekonomian Perdesaan

BUMDes Bagian Penting Penggerak Perekonomian Perdesaan

Sekjen Kemwndes PDTT Anwar Sanusi (baju putih) melepas peserta Fun bike Tour de BUMDes 2019. (foto, ist
17 Maret 2019 22:05 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - PAYAKUMBUH: Fun bike Tour de BUMDes 2019 merupakan ajang kegiatan untuk memperkenalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang menjadi salah satu bagian terpenting untuk menggerakkan perekonomian di pedesaan.

Demikian dikemukakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi, dalam sambutannya saat melepas ribuan peserta Fun Bike Tour de BUMDes 2019 di kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Minggu (17/2019).

"Tour de BUMDes ini merupakan bagian, untuk mengkampanyekan BUMDes adalah lembaga ekonomi di tingkat pedesaan, yang memiliki tujuan untuk mendukung seluruh aktivitas-aktivitas produktif di tingkat desa," tuturnya, didampingi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Staf Khusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Febby Dt Bangso.

Ajang fun bike Tour de BUMDes 2019, untuk yang kedua kalinya di laksanakan di Sumatera barat. Sebelumnya, even tersebut dilaksanakan pada 2017.

Sekjen PDTTberharap ajang fun bike Tour de BUMDes dapat diikuti oleh daerah-daerah lainnya. "Harapan kami, even ini dapat di lakukan di daerah lain. Apalagi, BUMDes juga telah mendapat antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat," ujarnya.

Sesungguhnya, masyarakat secara bersama-sama ingin menjadikan BUMDes sebagai badan usaha di tingkat desa yang samgat penting untuk menopang perekonomian pedesaan. Tour de BUMDes 2019 diikuti oleh sedikitnya 1.379 orang pesepeda Tour de BUMDes 2019 mengambil start di depan kantor BNI Kota Payakumbuh dan finish di kawasan Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jarak tempuh 24 kilometer. )

Editor : Yon Parjiyono