logo

Anugerah Pers Jawa Tengah 2019, Bagian Dari Pers Untuk Mendidik Masyarakat

Anugerah Pers Jawa Tengah 2019, Bagian Dari Pers Untuk Mendidik Masyarakat

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menerima penghargaan Anugerah Pers Jawa Tengah 2019 dari Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul
16 Maret 2019 00:38 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sebanyak 22 tokoh dari berbagai latar belakang seperti birokrat, pendidik, profesional, aktifis masyarakat, perempuan, dan pengusaha mendapatkan Anugerah Pers Jawa Tengah 2019 dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta. Penyerahan penghargaan tersebut diberikan dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional dan HUT ke-73 PWI yang digelar di Puri Kencono Ballroom Lorin Hotel, Solo, Jumat (15 /3/2019) malam.

"Gelaran Anugerah Pers Jawa Tengah 2019 ini juga bagian dari peran pers dalam mendidik masyarakat," jelas Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul dalam sambutannya.

Menurut Anas, pers perlu menampakkan sosok yang berprestasi di bidangnya. Mereka yang layak diberikan apresiasi sudah saatnya dikabarkan kepada masyarakat.

"Tidak selamanya pers berkutat pada hal yang buruk itu adalah berita tapi good news is good news," katanya.

Lebih lanjut, Anas mengatakan pada peringatan hari pers tahun ini PWI Surakarta memilih sejumlah figur yang pantas diberikan penghargaan. Mereka yang dipilih tersebut dinilai telah memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat.

Dirinya berharap acara penganugerahan tokoh oleh PWI Surakarta tersebut bisa digelar setiap tahun. Sehingga akan muncul tokoh-tokoh lain yang termotivasi untuk menginspirasi orang lain.

Salah satu penerima penghargaan bidang industri dan kewirausahaan, Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan penghargaan tersebut diharapkan bisa memacu untuk tidak mengecewakan masyarakat.

"Tadi sebenarnya tidak dikasih tahu, sekretaris saya lupa. Terus saya sudah naik pesawat sudah cek in dikirimi WA selamat dari wartawan Suara Karya. Lo selamat apa? Kenapa ya terus telepon ke kantor ternyata acara ini," ujarnya.

Menurut Irwan pihaknya selalu menghargai penghargaan yang diberikan. Apalagi Anugerah Pers Jawa Tengah 2019 diberikan oleh wartawan dari PWI.

"Tidak gampang wartawan kasih penghargaan,  makanya saya harus datang," ujarnya lagi.

Selain Irwan Hidayat, sejumlah tokoh lain juga mendapatkan penghargaan serupa. Diantaranya di bidang pemerintahan, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani serta Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Di bidang pendidikan, yakni Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS, Sofyan Anif, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi dan di bidang hukum diberikan kepada advokat Henry Indraguna. ***

Editor : Azhari Nasution