logo

Demer: Pelatihan IKM Intensif Tumbuhkan Para Pelaku Usaha Baru, Kurangi Kesenjangan

Demer: Pelatihan IKM Intensif Tumbuhkan Para Pelaku Usaha Baru, Kurangi Kesenjangan

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Plt Ketua Partai Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih ditengah ratusan peserta Pelatihan IKM di Singaraja, Bali
14 Maret 2019 23:57 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SINGARAJA: Legislator Senayan, Gde Sumarjaya Linggih secara intens membina pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Pulau Dewata. Menjadi concern Demer, sapaan akrab politisi senior Beringin asli Bali ini kepada penggerak ekonomi riil ini, mengingat provinsi kaya wisata ini memiliki kekuatan potensi sumber daya lokal yang berdaya saing, termasuk sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Keberadaan Demer di tengah-tengah ratusan pelaku IKM yang rata-rata perempuan di Singaraja, Bali tersebut dalam rangka memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta yang mengikuti pelatihan agar mendapatkan wawasan dan spektrum tentang potensi pasar, peluang bisnis, daya saing dan kualitas produk, standarisasi serta akses permodalan yang mudah dan terjangkau.

"Melalui pelatihan ini, kita semua berharap akan tumbuh para pelaku usaha baru sehingga akan tercipta ekosistem ekonomi secara berkelanjutan. Dengan demikian nantinya akan tercipta pasar yang memberikan multiplier-effect bagi kesejahteraan masyarakat setempat dan dapat memperkecil kesenjangan ekonomi masyarakat papan atas dengan papan bawah," ungkap politisi dan juga pengusaha ini dalam acara pembukaan pelatihan di Singaraja, Rabu (13/3/2019).

Plt Ketua Partai Golkar Bali ini juga menyebut pelatihan IKM yang dilakukan masyarakat Bali yang menjadi konstituennya telah diapresiasi Fraksi Partai Golkar DPR RI. Menurutnya, ini inheren dengan program yang telah diikrarkan Ketum Airlangga Hartarto yakni Golkar akan memperluas lapangan kerja dan mengurangi pengangguran dengan melahirkan wirausaha baru yang mandiri.

Anggota Komisi VI DPR RI, yang membidangi sektor industri, investasi, dan persaingan usaha ini mengatakan bahwa kemajuan suatu bangsa ditandai dengan berkembangnya usaha yang dilakoni oleh masyarakat kecil dan menengah.

"Sejarah membuktikan saat krisis ekonomi menghantam sektor keuangan Indonesia justru berbagai industri kecil menengah mampu bertahan. Bahkan fundamental moneter kita terselamatkan karena ketangguhan sektor IKM,"ungkap Demer yang akan kembali berlaga dalam kontestasi Pileg 2019, nomor urut 1 dari Dapil Bali untuk DPR RI.

Pelatihan kelompok IKM ini telah difasilitasi oleh Kementerian Industri RI. Terdapat 9 kelompok yang mengikuti pelatihan yang difasilitasi Legislator Senayan tiga periode ini. Para peserta pelatihan berasal dari tiga kabupaten, yakni Buleleng, Klungkung dan Karangasem***