logo

Mangkunegaran Jazz Festival 2019 Digelar Di Puro Mangkunegaran Solo

Mangkunegaran Jazz Festival 2019 Digelar Di Puro Mangkunegaran Solo

Penyelenggara Mangkunegaran Jazz Festival 2019 memberikan keterangan pers terkait event jazz di Puro Mangkunegaran Solo
13 Maret 2019 17:33 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Mangkunegaran Jazz Festival 2019, untuk pertama kalinya digelar di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Jumat-Sabtu (29-30/3/2019). Mengambil tema Serat Waragasa (Jiwa, Raga, dan Rasa), Mangkunegaran Jazz Festival akan menampilkan sejumlah musisi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Para musisi jazz tersebut akan mempertontonkan aksinya di lapangan Kavallerie-Artillerie di kawasan Puro Mangkunegaran. Pertunjukan musik jazz tersebut akan menggambarkan akulturasi budaya modern dan tradisional.

"Acara ini sekaligus untuk mengenalkan Puro Mangkunegaran ke masyarakat luas. Kami sengaja membuat pertunjukan yang mengaktifkan kegiatan kebudayaan di sini," ujar Founder Mangkunegaran Jazz Festival 2019, GPH Bhre Cakrahutoma Wira Sujiwo, kepada wartawan di Pendopo Puro Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/3/2019).

Sebelumnya telah digelar pre event melalui Road To Mangkunegaran Jazz Festival pada 24-25 November 2018. Menurut Bhre, selain ingin mengenalkan musik jazz di kalangan anak muda dan masyarakat umum, Mangkunegaran Jazz Festival juga sebagai sarana bagi komunitas jazz lokal. Selain itu juga ingin mengangkat segi ekonomi.

"Kami juga menampilkan sisi kebudayaan melalui Festival Kain Nusantara. Serta seni khas Puro Mangkunegaran," jelasnya.

Co Founder Mangkunegaran Jazz Festival, GRA. Ancillasura Marina Sudjiwo, menambahkan event tersebut akan menjadi ajang akulturasi budaya dengan mengawinkan budaya modern dan tradisional.

Sejumlah musisi yang akan mengisi Mangkunegaran Jazz Festival 2019 diantaranya Lianne La Havas, musisi jazz asal Inggris. Selain itu juga akan menampilkan Eva Celia, D'Masiv, Ardhito Pramono, serta Jordy Waelauruw yang akan berkolaborasi dengan Tommy Pratomo.

Panggung Mangkunegaran Jazz Festival 2019 akan memperlihatkan gedung bersejarah di Puro Mangkunegaran. Dengan latar belakang gedung Kavallerie-Artillerie, penonton bisa menyaksikan pertunjukan musik jazz tersebut secara gratis. ***

Editor : Azhari Nasution