logo

5 RPTRA Jakarta Timur Diresmikan, Tingkatkan 10 Program PKK

5 RPTRA Jakarta Timur  Diresmikan,  Tingkatkan 10 Program PKK

13 Maret 2019 05:30 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Lima Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Timur  diresmikan Wali Kota Jaktim M Anwar dengan penandatanganan 5 prasasti di RPTRA Bunga Rampai di Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (12/3/2019). 

Kelima RPTRA tersebut dibangun Dinas Perumahan DKI Jakarta dengan APBD DKI 2018 yang meliputi RPTRA Bunga Rampai di Kelurahan Malaka Jaya, RPTRA Rusunami Beriman di Kelurahan Bidara Cina, RPTRA Puspa Hati Utakase di Kelurahan Utan Kayu Selatan, RPTRA Garuda di Keluahan Cilangkap dan RPTRA Dahlia KDW di Kelurahan Kelapa Dua Wetan. 

Wali Kota Anwar pada kesempatan itu  mengharapkan agar semua RPTRA ditingkatkan perannya dalam 10  program pokok  PKK, terutama bagi anak anak. Namun fasilitas ruang publik itu harus dirawat seperti rumah sendiri.

Diharapkan dengan adanya 64 RPTRA di Jakarta Timur dapat memperkuat nilai kemanusiaan dalam kehidupan masyarakat. 

"Sesuai dengan tujuannya, RPTRA ini menjadi wadah warga  masyarakat bersilaturahmi, berinteraksi dan berolahraga," katanya. 

Diingatkan oleh Wali Kota, Jakarta Timiur tahun 2015 dan 2017 meraih predikat Kota Ramah Anak Pratama. Tahun 2019 meningkat menjadi tingkat Madya.

 

RPTRA Bunga Rampai dibangun pada bulan November 2018 dengan luas 1.800 meter persegi dilahan milik Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Di dalamnya berdiri bangunan yang antara lain dijadikan ruang serba guna, ruang perpustakaan, kantor pengelola, ruang Bina Keluarga Lansia (BKL), ruang laktasi, PKK Mart, pantry, gudang, toilet difabel, dan toilet umum. Sementara itu, fasilitas luar ruang yang antara lain area refleksi, area bermain, kolam gizi, jogging track, lapangan futsal, Taman Hatinya PKK, taman hidroponik dan sejumlah permainan anak.

Usai acara seremonial Wali Kota didampingi Camat Duren Sawit Musa, Kasudin PPAPP Jaktim Fetty dan Ketua TP PKK Jakarta Timur Ny Diah Anwar meninjau produk PKK dan penyuluhan BKB yang disampaikan oleh Utami SPd , Kepala PAUD Ceria Indah sebagai kader BKB.

 Selanjutnya Wali Kota menyaksikan penyuluhan Bina Kader Lansia yang disampaikan Ketua Pos Lansia RW 03 Ny Ning Diah Triherani. Temanya Bagaimana cara mewujudkan Lansia Tangguh.

"Wah saya kalau tua seperti Bapak bapak ini. Apa kegiatan sehari-harinya Pak?" tanya Wali Kota Anwar. 

"Ya begini ini," jawab Jasmono (72) sambil mengusap keringat di lehernya.  Sedang kakek Zahrudjat (75) tampak  tertawa bahagia mendapat perhatian Wali Kota.

Para nenek di Pos Lansia itu  tertawa gembira  dihibur Wali Kota dengan kata kata masih kelihatan muda. 

Tampak Abang dan None Jakarta menjaga anak anak balita yang bermain ayunan dan jungkat jungkit disaksikan lurah Lidiana Endah. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto