logo

Lusa, DPRD Gelar Rapimgab Pemilihan Wakil Gubernur DKI

Lusa, DPRD  Gelar Rapimgab Pemilihan Wakil Gubernur DKI

Cawagub DKi dari PKS Agung Yulianto (kiri) dan Ahmad Syaikhu (kanan).
11 Maret 2019 17:31 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: DPRD DKI Jakarta memastikan akan segera membuat panitia seleksi (Pansel) untuk pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI dari PKS.

Pembentukan pansel ini akan dilakukan melalui rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) DPRD DKI.

"Kan besok rabu baru mau ada rapimgab. Agenda ini untuk menentukan pansel. Setelah itu, kalau pansel sudah selesai terbentuk panitianya, baru diumumkan di paripurna panitia itu," kata Sekretaris DPRD DKI, Muhammad Yuliadi, di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Pembentukan pansel ini, katanya, diperlukan untuk membuat tata tertib mekanisme pemilihan cawagub. Nantinya, ucap Yuliadi, pimpinan DPRD akan membahas masalah itu dalam Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI.

"Setelah Panselnya diumumkan, sudah terbentuk, maka dia akan segera kerja. Jadi, Rapimgab nanti untuk menentukan pansel. Setelah disahkan panselnya itu, mereka bekerja membentuk tatib dan mekanisme pemilihan. Setelah itu semua, baru dibawa ke Bamus DPRD untuk menentukan jadwalnya," kata Yuliadi.

Dalam proses pemilihan cawagub nanti, tegasnya, anggota DPRD DKI Jakarta harus menghadiri rapat paripurna minimal 2/3 dari jumlah anggota DPRD DKI yang ada sebanyak 106 anggota. Nantinya, mereka akan memberikan suaranya sesuai Peraturan Pemerintah no 12 tahun 2018.

"Pembentukan pansel kan cepat. Kita jadwalin, enggak sampai sebulan. Dua minggu selesai. (Namun proses pemilihan), ya harusnya tepat waktu, cepat, seharusnya. Tergantung dari panselnya nanti. Pansel yang menentukan mereka kerjanya kapan, untuk apa saja," tuturnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik mengakui akan mendorong pemilihan cawagub DKI Jakarta ini secepatnya. Dia memastikan, pemilihan cawagub itu tidak akan terganggu kegiatan kampanye calon anggota legislatif yang kini duduk di kursi DPRD DKI Jakarta.

"Ya bisa saja begitu, tapi tergantung komunikasi. Kalau kita lebih cepet lebih bagus. Insya Allah, enggak keganggu, kampanye kan bisa sore," kata Taufik.

Menurutnya, Pemilihan Cawagub DKI Jakarta akan dibahas melalui Bamus DPRD DKI Jakarta. Nantinya, DPRD DKI Jakarta akan membuat tata tertib pemilihan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Ya dilaksanakan. Kan ada tahapannya. Tahapannya adalah buat panitia, buat tata tertib, paripurna. Habis rapim, oke, sepakat, bamuskan untuk menentukan jadwal-jadwal tadi ," ucapnya.

Editor : Yon Parjiyono