logo

PDIP Jamin Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Akan Kuorum

PDIP Jamin Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Akan Kuorum

Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono
11 Maret 2019 15:20 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimistis jumlah anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna pemilihan wagub akan mencapai kuorum.

Yaitu, dua pertiga dari total jumlah anggota DPRD DKI sebanyak 106 orang. Demikian disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Gembong Warsono kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

Menurut Gembong  kuorum dapat tercapai ketika sudah dibangun kesepahaman yang sama antaranggota dewan dan fraksi yang ada di DPRD DKI.

Kesepahaman yang dimaksud adalah tentang tata tertib (tatib) dan mekanisme pemilihan Wagub DKI.

“Insyaallah. Artinya, ketika kita sudah bangun kesepahaman yang sama, saya yakin bisa kuorum. Namun, kita harus lalui tahapan-tahapan proses pemilihan wagub juga. Seperti tentukan panitia pemilihan, rumuskan tatib dan mekanisme pemilihannya seperti apa. Baru diparipurnakan,” kata Gembong.

Selain itu, kedua partai pengusung, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra, harus membangun kesepahaman dengan fraksi-fraksi lain di DPRD DKI terkait dua calon wakil gubernur (cawagub) yang diusulkannya.

Sehingga terjadi kesepahaman terhadap calon yang akan dipilih dalam rapat paripurna. “Ya itu kan sekali lagi, tergantung kesepahaman terhadap calon yang mau kita dorong. Ketika sudah ada kesepahaman antara calon yang kita dorong dengan seluruh fraksi yang ada, saya kira soal kuorum bisa kita sepekati bersama,” katanya.

Jika kesepahaman itu sudah terbangun, Gembong Warsono memastikan PDI Perjuangan akan hadir dalam rapat paripurna pemilihan wagub DKI.

“Insyaallah. Ya itu tadi saya katakan. Ketika sudah ada kesepahaman, ya semua pasti bisa dicarikan titik temunya,” ujarnya menambahkan. 

Editor : Yon Parjiyono