logo

Bawaslu Kabupaten Bekasi Pastikan WNA Pemilik E-KTP Tidak Terdaftar Di DPT

Bawaslu Kabupaten Bekasi Pastikan WNA Pemilik E-KTP Tidak Terdaftar Di DPT

Daftar Pemilih Tetap (DPT). (Ist)
08 Maret 2019 15:00 WIB
Penulis : Dharma

SuaraKarya.id - CIKARANG: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi memastikan tidak ada warga negara asing (WNA) di wilayahnya yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap atau DPT.

"Meski sudah melakukan perekaman elektronik KTP," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Bekasi, Khoirudin, di Cikarang, Jumat (8/3/2019).

Diketahui, sebanyak 77 warga negara asing (WNA) yang tinggal di Kabupaten Bekasi telah melakukan perekaman e-KTP, lima diantaranya sudah mendapatkan KTP elektronik.

Dikhawatirkan, mereka masuk ke dalam daftar pemilih (DPT) di Pemilu 2019. Namun setelah diklarifikasi ke KPU RI, Bawaslu Kabupaten Bekasi menyatakan WNA yang memiliki e-KTP itu tidak masuk ke dalam DPT.

Khoirudin menjelaskan, berdasarkan Undang-undang Kewarganegaraan serta Keimigrasian ketika WNA sudah memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) maka mereka bisa memiliki KTP elektronik.

"Jenis kartunya sama dengan yang dimiliki WNI, namun penggunaan KTP elektronik WNA hanya dibatasi sampai lima tahun, dan kewarganegaraan yang tercantum dalam KTP-el tertuliskan negara asal dari WNA tersebut," terang dia.

Khoirudin menyampaikan, isu beredarnya WNA yang masuk ke dalam DPT Pemilu 2019, telah diklarifikasi ke Disdukcapil dan KPU RI.

"Kita berupaya melakukan upaya pencegahan terhadap adanya potensi-potensi pelanggaran dalam Pemilu 2019," katanya. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH