logo

Kinerjanya Diapresiasi, Sinyal Dari Gubernur Anies Bakal Perpanjang Sekda Saefullah

Kinerjanya Diapresiasi, Sinyal Dari Gubernur  Anies  Bakal Perpanjang Sekda Saefullah

Amir Hamzah
01 Maret 2019 07:24 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kinerja Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah diapresiasi oleh Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.

Buktinya, sejumlah tugas Sekda yang sudah dirampungkan mendapat penilaian baik dari orang nomor satu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI itu.

Sebagai koordinator dan penanggungjawab Anggaran Pendaoat dan Belanja Daerah (APBD), dalam masa jabatan Gubernur Anies yang baru berjalan sekitar 1,7 bulan ini, pembahasan bersama DPRD serta penyerapan anggaran di seluruh SKPD dapat dilakukan secara maksimal. Prestasi opini dari BPK wajar tanpa pengecualian (WTP) pada APBD DKI 2017 juga menjadi prestasi yang layak diapresiasi.

Selanjutnya sebagai ketua badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) dan lelang jabatan di lingkungan Pemprov DKI juga diterima baik oleh Gubernur, meski ada protes dan ketidak puasan dari sejumlah pihak, tidak digubris oleh Anies Baswedan.

"Saya melihatnya apresiasi dari Gubernur Anies itu sebagai sinyal terang bakal diperpanjanng masa jabatan Sekda Saefullah," kata Pengamat Kebijakan Publik dari Budget Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah MMK.

Berbicara kepada Suarakarya.Id di Masjid Tjut Mutiah, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2019), Amir menambahkan, dalam UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) diamanatkan bahwa sebelum dua tahun masa jabatan gubernur tidak boleh mengganti jabatan Sekda.

Kemudian jabatan Sekda 5 tahun, dan boleh diperpanjang. "Jadi dalam UU No 5 tahun 2014 itu, jabatan eselon I harus dibentuk dulu panitia seleksi tingkat nasional (panselnas). Di mana pejabat dari Papua, Kalimantan, kementerian bisa dipilih oleh Presiden untuk mengisi jabatan Sekda DKI. Itu satu hal yang sulit dilakukan jelang Pemilu ini, sehingga Sekda Saefullah yang akan berakhir masa jabatannya 11 Juli 2019 bakal diperpanjang," kata Amir menambahkan.

Pernyataan Amir ini sekaligus merespon rumor yang berkembang beberapa waktu lalu bahwa Gubernur Anies bakal mengganti Sekda Saefullah.

"Apa lagi Pemprov DKI harus segera menyiapkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) APBD DKI 2018 kepada DPRD, laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan DKI kepada Presiden, dan laporan Audit kepada BPK," ucap pengamat kebijakan publik senior ini.

Editor : Yon Parjiyono