logo

Kasus Ratna Sarumpaet Segera Digelar Di PN Jakarta Selatan

Kasus Ratna Sarumpaet Segera Digelar Di PN Jakarta Selatan

tersangka Ratna Sarumpaet
22 Februari 2019 21:48 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Persidangan kasus dugaan penyebaran berita hoaks atau bohong akan segera digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan waktu dekat. Kepastian ini diperoleh setelah Jaksa Penuntut Umum mengirimkan berkas perkara kasus dugaan penyebaran berita bohong alias hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.  

"Kami sudah dilimpah tadi sore. Sekarang status penahanannya menjadi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ucap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan, Supardi, Jum'at (22/2/2019).

Supardi mengatakan, berkas perkara yang dilimpahkan terdiri dari surat dakwaan dan status penahanan tersangka Ratna Sarumpaet. Adapun nantinya, lebih dari lima jaksa yang akan menangani kasus ini. "Namanya limpah perkaranya semua. Penahanannya juga dipindah," terang dia.

Polda Metro Jaya sebelumnya melimpahkan barang-barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 31 Januari 2019. Barang bukti Ratna Sarumpaet yang dikirimkan terdiri dari flash disk, Compact Disc (CD), laptop. Ada juga tiket dan baju-baju milik Ratna Sarumpaet.

Penyidik Polda Metro Jaya  menjerat Ratna dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang ancaman hukumannya cukup berat.

Editor : B Sadono Priyo