logo

Pencegahan Narkoba Di Desa Bisa Gunakan Dana Desa

Pencegahan Narkoba Di Desa Bisa Gunakan Dana Desa

Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi (foto, ist)
22 Februari 2019 19:25 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - BANJARMASIN: Dalam rangka mewujudkan desa bersih dari narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan pelatihan terkait narkoba, di balai-balai milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pelatihan merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman bersama dengan perjanjian kerja sama antara Kemendes PDTT dan BNN, dengan berbagai kegiatan. Salah satunya masing-masing balai yang dimiliki Kemendes PDT mengadakan perjanjian kerja sama (PKB) dalam rangka mengoptinalkan peran Balai Latihan Masyarakat (BLM).

Untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat desa, dalam rangka mendukung dan mendukung program BNN berarti desa mendukung (bersih dari narkoba). "Ini adalah salah satu langkah yang sangat berbahaya. Jika kita membuat perlindungan untuk narkoba, proteksi yang paling efektif adalah di tingkat perdesaan," kata Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, ketika memberikan arahan pada Rapat Kerja Teknis Bidang Pengembangan Masyarakat, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Se-Wilayah Kalimantan Tahun 2019, di Banjarmasin, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, perdesaan tidak boleh diintervensi oleh narkoba. Dengan memperkuat modal sosial yang ada di perdesaan harus mampu menanggulangi serta mampu mengatasi potensi yang menyebabkan perbedaan dari luar untuk membawa narkoba ke desa.

Oleh karena itu, pelatihan penting dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman. "Pelatihan tahun ini akan dilaksanakan di balai dan di wilayah atau lapangan dengan narasumbernya dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) atau Badan Narkotika Nasional Kota BNNK (BNNK)," tuturnya

Lebih lanjut, Sekjen Kemendes PDTT mengatakan, dana desa juga bisa digunakan untuk memerangi narkoba melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Ketika dana desa dapat diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan salah satunya adalah tentang memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya dari narkoba. Bagaimana menguatkan pranata keluarga, sosial. Agar mereka mengatakan mengatakan tidak untuk narkoba, dana desa bisa digunakan untuk itu," papar dia.

Editor : Markon Piliang