logo

"Pohon Terkenal" Menghadirkan Sisi Humanis Taruna Akpol Dan Polri

21 Februari 2019 21:20 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Film layar lebar "Pohon Terkenal" merupakan film pertama diproduksi Divisi Humas Polri. Film yang dibesut sutradara Monty Tiwa ini diputar serentak di bioskop Tanah Air 21 Maret 2019.

Dipilih judul "Pohon Terkenal" menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal,  karena istilah tersebut dijulukkan pada  taruna dan taruni yang selalu berulah dan tidak taat peraturan.

"Setiap angkatan pasti punya taruna atau Taruni yang berulah. Apakah dia sering usil, terlambat, melanggar, dan lain lain sehingga kerap menerima hukuman. Biasanya taruna yang mendapat julukan Pohon Terkenal, menjadi tangguh karena ditempa lebih berat, misalkan dihukum push up lebih banyak atau tidur paling larut," kata Iqbal pada peresmian trailer dan official poster "Pohon Terkenal" di Epiwalk 21 Kuningan, Jaksel, Kamis (21/2/2019).

Film yang  sebagian besar shooting nya dilakukan di kompleks Akpol Semarang ini bercerita tentang suka duka seorang Taruna Akpol mulai dari awal seleksi, termasuk kisah-kisah selama mengikuti pendidikan.

 ‘’Selama ini masyarakat hanya melihat hasil seorang perwira polisi. Tetapi proses menuju itu banyak yang belum tahu,’’ungkap Iqbal.

Karena itu, Polri ingin menyampaikan ke masyarakat tentang proses seleksi yang akuntabel. Diharapkan dengan melihat  film ini animo masyarakat mendaftar Polri makin tinggi dan menambah kecintaan terhadap Korp Bhayangkara ini.

Selain itu, lanjut dia, melalui film ini nantinya, profesi sebagai seorang polisi bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat. 

Film yang dibintangi oleh Umay Shahab dan Laura Theux itu sarat dengan pesan pembinaan karakter yang pantang menyerah serta kisah persahabatan, cinta, pengorbanan, kenakalan remaja, dan tentu saja aksi komedi.

Editor : B Sadono Priyo