logo

PT Jasamarga Solo-Ngawi Masih Sisakan Pembangunan Tiga Simpang Susun

PT Jasamarga Solo-Ngawi Masih Sisakan Pembangunan Tiga Simpang Susun

Pintu gerbang Ngemplak Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi
14 Februari 2019 18:18 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) masih menyisakan pengerjaan tiga simpang susun di Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi. Tiga simpang susun tersebut di bandara yakni akses menuju Bandara Adi Soemarmo Solo, Gondangrejo, serta Sragen timur.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PT JSN, David Wijayatno, kepada wartawan seusai menerima kunjungan kerja Anggota Komisi VI DPR RI di rest area 519 A Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi, Kamis (14/2/2019), pihaknya menargetkan akhir tahun ini semua sudah selesai pengerjaannya.

"Kalau untuk yang Gondangrejo saat ini sudah 95 persen tinggal finishing saja. InsyaAllah bulan depan selesai," katanya.

Sebelum difungsikan masih harus melalui prosedur uji lab fungsi dan penetapan tarif dari pemerintah. Sehingga akhir Maret atau awal April sudah difungsikan. Sedangkan untuk di titik bandara, masih terkendala relokasi rumah dinas TNI AU. Karena di titik tersebut terdapat 50 rumah dinas TNI AU dan untuk penetapan lokasi (penlok) relokasi masih dimatangkan.

"Untuk di Sragen timur masih dilakukan inventarisasi pembebasan lahan. Untuk pembebasan lahan dibutuhkan tiga sampai empat bulan dan kita butuh waktu enam bulan untuk pembangunan," jelasnya lagi.

Sementara itu hingga saat ini dari delapan rest area yang akan dibangun, baru enam yang sudah digunakan. Untuk rest area di titik 575 sudah dalam penyelesaian dan ditargetkan April selesai.

"Untuk rest area di km 554 belum dimulai hingga saat ini karena kewajiban dari Perhutani. Lahan tersebut merupakan milik Perhutani dan Perhutani ditunjuk mengelola dua rest area," ujarnya. ***

Editor : Laksito Adi Darmono