logo

Menko PMK: Banyak Keberhasilan Yang Dicapai Jajaran Kementeriannya

Menko PMK: Banyak Keberhasilan Yang Dicapai Jajaran Kementeriannya

Menko PMK Puan Maharani (foto, ones)
12 Februari 2019 20:03 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Banyak keberhasilan yang sudah dicapai kementerian dan lembaga di bawah Kemenko PMK. Di antaranya, penurunan angka kemiskinan, penueunan angka stuntung, serta peningkatan pelayanan haji dan umroh.

Hal itu dikemukakan Menko PMK Puan Maharani dalam sambutannya pada Kick Off Meeting Percepatan Pencapaian Sasaran dan Target Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tahun 2019, di kantor Kemenko PMK Jakarta, Senin (11/2/2019).

Rapat tersebut dihadiri oleh Menkes, MenPPPA, Menpora, Menag, Mendes/PDTT, Mendikbud, Kepala BNPB, Kepala LIPI, Kepala LAPAN, Kepala BPOM, Kepala Perpusnas, Kepala Batan, serta Kepala Arsip Nasional. Masing-masing menteri mengungkapkan keberhasilan  capaian kementeriannya.

Seperti Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menjelaskan, salah  satunya keberhasilan penyerapan dana desa, yang terus meningkat dari tahun ke tahun. "Bahkan tahun 2018, penyerapan bisa mencapai 99 persen," ujarnya.

Ini menandakan, kata dia, tata kelola desa beserta aparatnya, dari tahun ke tahun terus meningkat kepandaiannya. Sebab, dana desa tidak akan diturunkan, bila laporan pengelolaan sebelumnya belym bisa diterima.

Terkait dana desa, Menko PMK menyatakan, keberhasilannya salah satunya mampu menekan angka kemiskinan. Demikian pula dengan turunnya angka penderta stunting, berkat banyak dibentuknya posyandu.

"Banyak keberhasilan yang sudah dilakukan dalam koordinasi di bidang Kemnko PMK bersama para menteri dan kepala badan. Untuk bisa segera menyelesaikan permasalahan yang ada terkait pembangunan manusia dan kesejahteraan rakyat," ungkap Mengko PMK.

Pada acara tersebut ditandai pula dengan penandatanganan komitmen bersama, percepatan pencapaian sasaran dan target bidang PMK oleh para sekretaris kementerian atau lembaga yang disaksikan langsung Menko PMK.

Editor : Markon Piliang