logo

Baznas Bantu Warga Tarakan Produksi Abon Dari Lele

Baznas Bantu Warga Tarakan Produksi Abon Dari Lele

Pelatihan pembuatan berbagai produk olahan ikan bagi para mustahik
12 Februari 2019 19:44 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan program pemberdayaan mustahik dengan memproduksi olahan makanan dari ikan.

Program pemberdayaan ini dilakukan di Tarakan, Kalimantan Utara. Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru mengatakan, program Zakat Community Development (ZCD) ini dilakukan dengan memberdayakan ibu-ibu mustahik yang ada di Tarakan.

Mereka memproduksi olahan ikan lele untuk dijadikan produk seperti amplang, abon, dan kerupuk. "Program ZCD Baznas ini dikembangkan di Tarakan, dengan memberdayakan para mustahik.

Harapannya mereka bisa mendapat penghasilan lebih dan kesejahteraannya meningkat," katanya. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Baznas adalah pemberian modal usaha berupa pendampingan, pelatihan, dan pemasaran hasil produk olahannya. Beberapa waktu lalu,

Baznas juga menggelar pelatihan yang diikuti sebanyak 15 ibu-bu dari beberapa desa di Tarakan. Ikan lele yang dijadikan olahan ini berasal dari ternakan mustahik yang juga diberdayakan oleh Baznas.

Beberapa waktu lalu, Baznas bersama mustahik juga melakukan panen ikan lele sebanyak 800 kilo gram, yang hasilnya ini dijual di luar daerah, dan pasar lokal dengan harga pasaran Rp40 ribu perkilo.

Sisanya diperuntukan untuk olahan ikan lele yang dilakukan oleh ibu-ibu mustahik binaan Baznas.

"Tentunya dari program pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD) Baznas ini penghasilan mereka bisa meningkat. Selain ikan lele, Baznas juga memberdayakan para mustahik dengan ternak ikan nila, dan gurami, yang dalam beberapa bulan kedepan juga akan dilakukan panen," kata Randi.

Editor : Yon Parjiyono