logo

SPAN Kemenag Papua Barat Digelar Di STAIN Sorong

SPAN Kemenag Papua Barat Digelar Di STAIN Sorong

Dr.M.Rusdi Rasyid
10 Februari 2019 22:15 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG:Ketua Panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Wilayah Papua Barat, Dr Rusdi Rasyid, mengatakan,  Kementerian Agama RI mem percayakan pergelaran kegiatan tersebut di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.

Dikatakan  Rusdi, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain.

 Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Dan, pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Mengenai biaya, pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah. Sehingga, peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Untuk wilayah Papua Barat, SPAN dibuka oleh Kepala Kantor  Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Papua Barat, Drs Sudirman Simanihuruk M.Th. Acara tersebut  di gelar  di  STAIN Sorong, Senin (11/2/2019) pagi.

Pembukaan SPAN tersebut dilanjutkan dengan  seminar yang disampaikan selain oleh  Kakanwil Sudirman Simanihuruk tapi juga  ada  pemaparan  materi  oleh K.H. Drs Usso.

Di tempat terpisah,Ketua STAIN Sorong, Dr Hamzah Khaeriyah, menjelaskan, PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Menjawab pertanyaan Suara Karya, Hamzah, menyebut  prestasi STAIN Sorong cukup dibanggakan. “Tahun  2018  enam orang lulusan STAIN Sorong lolos testing  PNS . Di samping  sudah banyak yang  mengabdi baik di  partai politik, KPU ,Legislatif bahkan banyak yang menciptakan lapangan kerja baru seperti  pengusaha  dan sebagainya,”kata Hamzah. ***

Editor : Markon Piliang