logo

Megawati: Indonesja Membutuhkan Badan Riset Dan Inovasi Nasional Dalam Menjalankan Pembangunan Nasional Berdikari

Megawati: Indonesja  Membutuhkan Badan Riset Dan Inovasi Nasional Dalam Menjalankan Pembangunan Nasional Berdikari

Foto: suarakarya.id/dwi putro aa
10 Januari 2019 20:03 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati.Soekarnoputri  mengutarakan bahwa Indonesia membutuhkan Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam Menjalankan Pembangunan Nasional Berdikari.

Menurut Megawati, visi misi pembangunan tersebut telah diputuskan pada Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan, pada bulan Februari 2018, yang diberi nama Pembangunan Nasional Berdikari.

"Inilah konsep pembangunan untuk membumikan Pancasila. Pancasila dalam konsep pembangunan, pembangunan di segala bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun mental dan spiritual," kata Megawati ketika memberi sambutan pada peringatan HUT Ke-46 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Hall C3 dan B3-B2, Jakarta International Expo (JI-Expo) Kemayoran Jakarta, Kamis (10/1/2019) yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Megawati menjelaskan,
konsep ini merupakan suatu cetak biru agar Indonesia dapat menjadi negara industri maju, yang menempatkan rakyat sebagai subyek sekaligus tujuan dalam pembangunan nasional. Dengan demikian, jelas dibutuhkan satu Badan Riset dan Inovasi Nasional yang hasil kerjanya harus menjadi landasan bagi setiap pengambilan keputusan program pembangunan.

"Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan,  tidak ada satu negara pun dapat menjadi negara maju, tanpa mengedepankan riset ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasinya. Ini yang sedang saya perjuangkan bersama Pak Jokowi," katanya.

"Tentu saja, perjuangan ini akan menemukan jalannya, jika PDI Perjuangan menang kembali dan Pak Jokowi pun terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum, 17 April 2019," kata Megawati menegaskan.

Selain Presiden Joko Widodo, acara ini juga dihadiri Wapres M Jusuf Kalla,  Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Ketua DPR Bambang Soesatyo,  Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kepala BIN Budi Gunawan, mantan Wapres Try Sutrisno dan Hamzah Haz.

Jokowi yang kini.juga menjadi calon presiden 2019-2014 tampak juga didampingi calon Wapres RI 2019-2024 KH Ma'ruf Amin. 

       Tokoh Inspiratif.

Sementara itu Presiden Joko Widodo dalam sambutan.pada acara ini menyebut Megawati Soekarnoputri sebagai tokoh inspiratif yang mampu menginspirasi kekuatan politik bangsa Indonesia. 

"PDIP bersyukur memilik Ibu Hajah Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP dan Presiden Kelima RI," kata Jokowi. 

Jokowi menyebutkan Megawati merupakan figur yang keyakinan ideologinya sangat kuat dan  keyakinan politiknya sangat  kuat. Figur yang keyakinan akan Pancasilanya sangat kuat.

"Beliau telah dan terus menginsipirasi kita dan menginspirasi kekuatan koletif kita bangsa Indonesia.  Pemikiran, ucapan dan tindakannya selalu begitu membekas dalam diri kita semuanya," katanya. 

Menurut dia,  keberanian,  ketulusan dan konsistensinya selalu menjadi teladan bagi semua khususnya kader PDIP.  

"Para pahlawan dan pendiri bangsa kita termasuk Bung Karno adalah kusuma bangsa, mereka adalah teladan terbaik yang merelakan hidup dan matinya untuk  kemerdekaan dan kejayaan bangsa ini," katanya. 

Ia menyebutkan 73 tahun sudah Indonesia merdeka di mana sudah banyak capaian dan  kemajuan. 

"Oleh karena itu sudah menjadi kewajian kita untuk mekanjutkan perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa.  Semuanya harus optimis melangkah agar negara ini menjadi negara maju," katanya. 

Ia menyebutkan aset terbesar bangsa ini adalah persaudaraan,  persatuan dan kerukunan.

"Kita tidak boleh berhenti bergerak, harus bergotong royong membumikan Pancasila,  bergerak bersama sama menjadikan negara ini adil, makmur dan sejatera.  Kita semua harus bersama sam mewujudkan Indonesia berdirkari, bermaratabat yang duduk sama rendah berdiri sama tinggi dengan bangsa lain di dunia," katanya. ***