logo

BPJS Kesehatan Surabaya Minta RS Lengkapi Diri Dengan Sertifikat Akreditasi

  BPJS Kesehatan Surabaya Minta RS Lengkapi Diri Dengan Sertifikat Akreditasi

09 Januari 2019 07:46 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: BPJS Kesehatan Cabang Surabaya menghimbau rumah sakit di wilayahnya agar melengkapi diri dengan sertifikat akreditasi yang merupakan persyaratan wajib agar dapat melayani Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). Himbauan itu disampaikan menyusul Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Herman Dinata Mihardja, akreditasi itu merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi setiap rumah sakit. "Mereka yang memenuhi persyaratan, bisa menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan ketentuan persyaratannya diatur dalam Peraturan Menteri,” ujarnya, Rabu (9/1/2019).

Meski demikian, Kementrian Kesehatan juga mengeluarkan surat HK.03.01/Menkes/18/2019 tentang Perpanjangan Kerja Sama Rumah Sakit Dengan BPJS tanggal 04 Januari 2019 memberikan rekomendasi kepada Rumah Sakit (RS) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Mereka yang belum dilakukan akreditasi tapi berdasarkan kajian dan pertimbangan tertentu, diperlukan untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Terkait dengan surat tersebut, pihaknya melakukan penandatanganan perpanjangan perjanjian kerja sama dengan RS Husada Utama Surabaya. Perpanjangan perjanjian kerja sama diharapkan bisa memberikan pelayanan yang semakin lancar, sambil menunggu proses akreditasi.

Rencananya, akreditasi rumah sakit tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 29 Januari 2019. Proses akreditasi akan dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS)

Pada bagian lain, Plt Direktur RS Husada Utama, Hariadi, memastikan institusinya akan sangat memperhatikan masalah pelayanan pada pasien peserta program JKN-KIS. "Soal akreditasi tidak ada masalah, kami tinggal menunggu jadwal dari KARS saja," ujarnya.

Pihaknya juga sudah melaporkan tentang perbaikan semua fasilitas yang ada untuk keperluan proses akreditasi. Perbaikan itu diantaranya yang terkait dengan penambahan fasilitas untuk pelayanan kesehatan untuk meyakinkan bahwa rumah sakitnya tidak akan ada masalah untuk proses kedepannya.

Sementara, penandatanganan Perpanjangan Kerja sama Dengan RS Husada Utama itu sendiri merupakan bagian dari agenda tahunan yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Surabaya. Program itu digelar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada peserta Program JKN–KIS.

Hingga saat ini, di wilayah kerjanya terdapat 48 RS dan Klinik Utama yang telah menjalin kerja sama pelayanan kesehatan dengan BPJS Cabang Surabaya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto