logo

Silpa Tinggi, Gubernur Anies Gagal Pilih Pejabat Yang Berani Ambil Keputusan Pro Rakyat

Silpa Tinggi, Gubernur Anies Gagal Pilih Pejabat Yang Berani Ambil Keputusan Pro Rakyat

Pemprov DKI Jakarta
06 Desember 2018 20:29 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Perombakan pejabat di.lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang dilakukan Gubernur Anies Rasyid Baswedan beberapa waktu lalu, gagal menghasilkan pejabat yang mumpuni dan berani mengeksekusi program pembangunan secara optimal.

Padahal rakyat Jakarta menunggu akan hasil pembangunan. Kegagalan itu dilihat dari tingginya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Tahun Anggaran 2018 diperkirakan mencapai belasan triliun.

"Silpa tinggi itu kegagalan nyata, tak terbantahkan, bahwa pejabat pilihan Gubernur Anies tidak kapabel. Gagal memilih pejabat yang berani mengambil risiko untuk kebaikan.masyarakat," ujar Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M.Rico Sinaga kepada Suarakarya.Id, Kamis (6/12/2018) malam.

"Pejabat yang tidak berani mengambil keputusan untuk apa dipertahankan. Segera ganti. Banyak PNS yang mampu," kata Rico.

Sebelumnya, Gubernur Anies mengkritik minimnya keberanian jajarannya dalam mengambil keputusan. Selama ini, lanjut dia, kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) selalu menyerahkan keputusan ke gubernur.

"Di DKI, keputusan level kepala bidang dilimpahkan kepala dinas, kepala dinas dilimpahkan kepada gubernur. Nah kalau tidak ada keberanian mengambil keputusan, maka program-program kita akan terbatas sekali pelaksanaannya. Itu saya lihat udah lama," kata Anies.

Anies mengaku telah mengamati kinerja para kepala dinas selama setahun masa kepemimpinannya. Cara ini sudah berlangsung sejak kepemimpinan gubernur-gubernur terdahulu.

"Salah satu hal yang saya amati perjalanan satu tahun di Pemprov (DKI) adalah kebanyakan ingin melimpahkan semua keputusan kepada gubernur. Meskipun wewenangnya ada pada kepala dinas," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama yang baru digelar Pemprov DKI, Anies mencari sosok yang berani mengambil keputusan. Ia menargetkan lelang jabatan untuk kepala dinas selesai tahun ini.

"Prosesnya sudah jalan, wawancara sudah, kemudian beberapa hasilnya sudah sampai ke saya. Tapi baru beberapa belum semuanya.

Sebelum ya pertengahan paling telat udah beres semua Desember ini," ujar Anies. Ada 14 jabatan dengan golongan pangkat IV/c dan IV/b yang dibuka pendaftarannya.

Dua di antaranya dibuka secara nasional yakni Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Adapun yang dibuka untuk lingkungan DKI yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah; Kepala Dinas Perindustrian dan Energi; Kepala Dinas Kehutanan; Kepala Dinas Bina Marga; Kepala Dinas Pendidikan; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik.

Kemudian Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman; Kepala Dinas Kesehatan; Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah;

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Daerah; Wakil Wali Kota Jakarta Timur; dan Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Editor : Yon Parjiyono