logo

Stiamak Kawal Bisnis Puluhan Pelaku UMKM Sidoarjo

 Stiamak Kawal Bisnis Puluhan Pelaku UMKM Sidoarjo

08 November 2018 19:01 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SIDOARJO: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (Stiamak) Barunawati bekerjasama dengan Pemkab Sidoarjo meningkatkan kemampuan berbisnis para pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah di wilayahnya. Peguruan tinggi ini juga melakukan pengawalan bisnis terhadap 95 Usaha Miro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sidoarjo tersebut.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Stiamak Surabaya Soedarmanto, aktifitas itu merupakan kegiatan rutin yang mereka lakukan di Sidoarjo. "Tujuannya, kami ingin membagi pengalaman berbisnis kepada para pelaku UMKM," ujarnya, Kamis (8/11/2018).

Dalam kegiatannya, mereka melakukan pengawalan mulai dari kegiatan produksi, kemasan, marketing, hingga pembukuan dan keuangan. Beragam sektor yang mereka garap mulai dari pelaka UMKM sektor potong ayam, pembuatan krupuk dan sebagainya.

Menurut Ketua Pogram Study, Stiamak, Juli Prastyorini, belakangan ini persaingan bisnis memang sudah semakin ketat. Pihaknya berusaha mendorong pelaku UMKM itu agar bisa memenangkan persaingan di area persaingan yang semakin terbuka ini.

Stiamak sendiri mengaku sangat berpengalaman di sektor ini. "Di kampus, kami sudah  membiasakan para mahasiswa untuk latihan bisnis di ruang terbuka," ujarnya.

Dia kemudian mencontohkan tentang aktifitas para mahasiswanya yang didorong untuk berani menjual produk di area publik seperti Taman Bungkul Surabaya. Mereka juga diajak untuk memanfaatkan momen penting seperti Car Free Day di kawasan tersebut.

Sejauh ini, pihaknya mengklaim respon para pelaku usaha di Sidoarjo untuk maju, sangat besar. Sejumlah pelaku usaha bahkan mengaku kehabisan waktu untuk menyerap seluruh ilmu yang diajarkan oleh perguruan tinggi tersebut.***

Editor : Silli Melanovi