logo

Lewat Riset, LIPI Bantu Pemda Kembangkan Diri Demi Kesejahteraan

 Lewat Riset,  LIPI Bantu Pemda Kembangkan Diri Demi Kesejahteraan

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko (foto,ones)
04 November 2018 12:39 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - TANGERANG: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membantu pemerintah daerah (pemda), untuk lebih mengembangkan wilayah, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan daerah.

Hal itu dikemukakan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, usai membuka workshop bertajuk "Kolaborasi Iptek Untuk Peningkatan Daya Saing Daerah Di Era Industri 4.0" di Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (3/11/2018).

"Caranya, ya dengan melakukan berbagai penelitian. Misalnya, penelitian yang bisa membuat oleh-oleh tahan lama tanpa bahan pengawet. Agar orang atau wisatawan mau datang dan membeli," ungkap dia.

Dicontohkannya, daerah Subang di Jawa Barat dan Pasuruan di Jawa Timur, begitu ada jalan tol, maka kedua daerah itu seolah tersingkirkan. Jarang dikunjungi orang, dan hanya dilewati begitu saya.

Terkait hal itu, maka perlu penelitian yang hasinya, bisa dimanfaatkan Pemda untuk mengembangkan diri. Sementara, kolaborasi iptek antar institusi memang untuk mendukung daya saing daerah, dalam mempersiapkan Indonesia, memasuki era industri 4.0.

Tujuan dari diskusi ini bertukar pikiran antar lembaga litbang, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan Dikemukakan Handoko, kolahorasi Iptek juga guna memperoleh solusi, kesamaan visi misi dan kerja sama multipihak, untuk mewujudkan percepatan pembangunan daerah.

"Kami berharap diskusi ini akan memberikan banyak manfaat, khususnya bagi pemerintah daerah untuk menghadapi persaingan industri di era 4.0," tuturnya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH