logo

Rico Sinaga: Fungsi Dan Peran Dewan Kota Untuk Pengawasan Pembangunan Harus Dimaksimalkan

Rico Sinaga: Fungsi Dan Peran  Dewan Kota Untuk Pengawasan Pembangunan Harus Dimaksimalkan

Logo Dewan Kota (Dekot).
11 Oktober 2018 14:20 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Setelah melalui seleksi yang ketat, akhirnya delapan warga lolos seleksi Dewan Kota Jakarta Pusat 2018-2023.

"Saya terima hasil akhir seleksi sekaligus memberi penghargaan kepada panitia. Terima kasih atas jasa dan kinerjanya," kata Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, Kamis (11/10/2018).

Bayu mengatakan, hasil tersebut nantinya dibawa ke tingkat provinsi untuk pengesahan dan pelantikan. Tercatat ada 41 calon yang mendaftar. Setelah diseleksi tinggal delapan yang lolos.

Mereka ini mewakili kecamatan masing-masing. Delapan warga yang lolos seleksi Dewan Kota yakni, Rohiman dari Duri Pulo Gambir, Dede Sulaiman dari Karang Anyar Sawah Besar, Nasirman Chaniago dari Cempaka Baru Kemayoran.

Kemudian Sanusi dari Paseban Senen, Bayu Sudarmaji dari Rawa Sari Cempaka Putih, Dadang Suherman dari Pegangsaan Menteng, Ardi Purnamasari dari Bendungan Hilir Tanah Abang serta Rudi Suherman dari Galur Johar Baru.

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico mengapresiasi terpilihnya Sanusi sebagai salah satu Dewan Kota Jakarta Pusat. Sanusi merupakan mantan sekretaris Badan Pembina Perpustakaan Masjid Indonesia DKI Jakarta.

Rico mengatakan, bahwa fungsi Dewan Kota adalah sebagai mitra wali kota dalam memantau pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2011, diantaranya untuk menampung aspirasi dan ikut serta membantu walikota dalam berbagai permasalahan penyelenggaraan di ruang lingkup pemerintah kota.

"Sementara dalam konteks pembangunan di Jakarta, Dewan Kota terlibat aktif dalam proses perencanaan pembangunan (renbang). Salah satunya, yaitu memfasilitasi dan menjembatani kebutuhan dewan kota," katanya.

Editor : Yon Parjiyono