logo

Pembukaan Gala Desa Di Martapura, Kabupaten Banjar Meriah

Pembukaan Gala Desa Di Martapura, Kabupaten Banjar Meriah

Suasana Pembukaan Gala Desa Di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (21/9/2018). (Foto: Markon).
21 September 2018 19:39 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - MARTAPURA: Bupati Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, KH Khalilurrahman secara resmi membuka pesta olahraga tingkat desa (Gala Desa) di Alun-alun Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha Martapura, Jumat (21/9/2018). Pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan seni dan atraksi puncak silat.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Anggota Komisi X DPR RI Dr H Zainul Arifin Noor SE, MM, asisten I Bidang Pemetintahan Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah mewakili Gubernur H Sabirin yang berhalangan hadir, Sekretaris Deputi Bidang Perberdayaan Pemuda Esa Sukmawijaya SP, MSi, Sekda Kabupaten Banjar, Kadispora Banjar Achmad Yani, serta sejumlah pejabat daerah setempat dan pejabat dari Kemenpora. 

Untuk Gala Desa 2018 ini, Pemetintah Kabupaten Banjar diberi mandat oleh Kemenpora untuk memilih empat dari enam cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yakni sepakbola, bulutangkis, bola voli, tenis meja, sepak takraw dan Atletik. Akhirnya pilihan jatuh pada sepakbola, bulutangkis, bola voli, dan tenis meja.

"Pemilihan empat cabang olahraga tersebut disesuikan dengan fasilitas pertandingan yang kita miliki, dan mempertimbangkan minat masyaralat terhadap cabang olahraga tersebut," kata Bupati Banjar Khalilurrahman dalam sambutannya. 
Keempat cabang olahraga tersebut digelar diempat desa berbeda pula. Sepakbola misalnya, digelar di Desa Mandiangin Timur, Karang Intan.Tenis meja di Desa Mekar, Martapura Timur, bulutangkis di Desa Cindai Halus, Martapura, Dan bola voli di  Desa Singo Sipai. 

Bupati Banjar mengaku bangga dipilihnya kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 554.000 jiwa lebih ini sebagai salah satu kabupaten untuk menggelar acara Gala Desa. Apalagi ini satu satunya di Kalimantan Selatan. Padahal Kalimantan Selatan itu memiliki 227 Desa, 20 Kecamatan, dan 13 kelurahan.

"Kami mengkarapkan dengan adanya Gala Desa semangat masyaralat untuk berolahraga semakin tinggi. Sebab dengan olahraga kita dapat mempersatukan bangga," lanjut Bupati Khalilurrahman. 

Sementara itu perwakilan dari Kemenpora Esa Sukmawijaya menegaskan, Gala Desa diharapkan berlangsung meriah, sukses, dan membangkitkan semangat berolahraga di kalangan masyarakat. 

"Dengan meningkatkan gerakan olahraga, maka akan semakin tinggi pula kesadaran masyarakat untuk berolahraga, " katanya. 

Selain itu, Esa juga berharap dengan adanya Gala Desa akan muncul nantinya atlet - atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama bangga dari daerah ini. 

Sedangkan Zainul Arifin Noor mengatakan, Gala Desa sangat efektif dalam pembinaan olahraga di tingkat desa. Untuk itu, Anggota Dewan asking putra daerah Kalimantan Selatan ini akan mendukung program Gala Desa yang sudah berjalan Di bawah pengendalian Kemenpora ini. 

Usai mengadakan serangkaian acara pembukaan, Bupati Banjar melakukan tendangan bola pertama pertanda dibukanya Gala Desa di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. ***

Editor : Markon Piliang