logo

Soni: Sebagai Alternatif Gerindra-PKS Sebaiknya Ajukan Birokrat DKI

Soni:  Sebagai Alternatif Gerindra-PKS Sebaiknya Ajukan Birokrat DKI

Dirjen Otda Soni Soemarsono
21 September 2018 08:42 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Guna mengakhiri polemik dan politik saling klaim dalam perebutan kursi wakil gubernur DKI Jakarta, Ketua Umum DPP Partai Gerindra dan DPP PKS diimbau berbesar hati untuk memilih birokrat senior di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk menggantikan Sandiaga Uno mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono dalam pesan WhatsApp, Jumat (21/9/2018).

"Tidak menutup kemungkinan, bila deadlock, Gerindra-PSK dapat menunjuk seseorang yang berpengalaman dan mengenali permasalahan birokrasi," kata Soni.

Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, dipilihnya birokrat menjadi wagub, pernah terjadi di Provinsi Kepulauan Riau beberapa waktu lalu.

"Sesungguhnya terbuka bagi partai pengusung untuk mengusulkan seorang birokrat senior menjadi wagub. Di Kepri, wagub yang diusung berasal dari birokrat," ujar Soni.

Di Kepulauan Riau, mantan Kadis Perhubungan akhirnya terpilih mendampingi gubernur, dan disetujui DPRD setempat, setelah melalui proses perdebatan antar partai pengusung.

Soni menuturkan, usulannya ini hanyalah sebagai alternatif saja. Bahwa ada pengalaman dari daerah lain, yang mengusung PNS.

Karena bila dikombinasi dengan gubernurnya yang non birokrasi, akan lebih saling mengisi bila dari birokrat yang didukung partai pengusung.

"Tapi kalau memang sudah ada jagonya masing-masing dari kader patau, ya dikompetisi saja di Dewan melalui proses pemilihan yang fair dan transparan," ujarnya.

Editor : Yon Parjiyono