logo

Dua UPT Kementerian Sosial Raih Penghargaan Pelayanan Publik

 Dua UPT Kementerian Sosial Raih Penghargaan Pelayanan Publik

Sekjen Kemensos Hartono Laras (tengah). (foto,ist)
20 September 2018 23:47 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencatatkan prestasi di bidang pelayanan publik. Dua unit pelayanan teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial masuk dalam kategori “TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018”. Dua UPT itu adalah Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini" Temanggung, dan Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Alyatama Jambi.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), di Surabaya, Rabu (19/9/2018). Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras bangga dan menyambut baik penghargaan ini.

Sebab, penilaian dilakukan oleh tokoh-tokoh yang dikenal memiliki reputasi. Seperti wartawan senior Suryo Pratomo, peneliti senior LIPI Prof DR Siti Zuhro, JB Kristiadi, dan sebagainya.

“Saya sangat bangga. Ini menunjukkan implementasi reformasi birokrasi yang dilakukan Kementerian Sosial sudah berjalan di jalur yang tepat,” kata Hartono, di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Hartono gembira, sebab penghargaan ini menunjukkan pimpinan dan segenap staf di kedua UPT tadi mampu bekerja dengan sungguh-sungguh, kreatif, dan berinovasi. “Dalam melayani masyarakat mereka tidak kaku dan tidak terpaku pada program reguler. Namun, mereka sanggup berpikir kreatif, mencari terobosan dan berkomitmen pada pelayanan dan kepuasan masyarakat,” tuturnya.

Dia sangat berharap, prestasi yang didapatkan kedua UPT ini, mampu menjadi inspirasi dan menjadi motivasi bagi UPT satuan kerja dan seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Sosial. "Mari berikan pelayanan kepada masyarakat dengan ramah, berikan senyum, yang cepat, dengan kualitas yang baik dan memberi kepuasan,” ujarnya.

Hartono mengingatkan, apresiasi dari masyarakat akan dengan sendirinya muncul bila segenap pegawai Kementerian Sosial bekerja maksimal dan melayani rakyat. Seperti BBRRSPDI Kartini Temanggung, layanan penjangkuan yang dilakukannya, juga mendapat penghargaan dari United Nation Public Service Award (UNSPA).

“Penghargaan UNPSA hanya diberikan kepada 21 jenis pelayanan publik yang memenuhi kriteria untuk diikutsertakan dalam kompetisi pelayanan publik tingkat dunia,” ungkapnya.

Penghargaan diperoleh berdasarkan hasil penilaian terhadap 2864 proposal inovasi pelayanan publik dari seluruh Indonesia. Kemensos menerima tiga penghargaan melalui inovasi pelayanan. Yakni, 1. "Mencapai Nol Kerentanan Penyandang Disabilitas Intelektual melalui Sheltered Workshop Peduli" oleh BBRRPDI “Kartini" Temanggung. 2. "Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Berbasis Keluarga (Pesona Surga) oleh BRSAMPK Alyatama Jambi. Serta, 3. Penghargaan United Nation Public Service Award (UNSPA) untuk Pelayanan Penjangkauan : "Melayani Penyandang Disabilitas di Lingkungan Masyarakat" oleh BBRSPDI "Kartini" Temanggung.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto