logo

Tenaga Kerja Ahli Harus Banyak Dan Tersebar Di Tanah Air

Tenaga Kerja Ahli Harus Banyak Dan Tersebar Di Tanah Air

Menaker M Hanif Dhakiri (baju putih) di tengah para peraih medali ASC di Thailand. (foto,ist)
07 September 2018 00:31 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, dalam sambutannya di acara pemberiaan penghargaan pada Delegasi Indonesia untuk ASC, Jakarta, Kamis (6/9/2018) mengingatkan, Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah terkait bagaimana mencetak tenaga kerja ahli yang banyak dan tersebar di seluruh Tanah Air.

"Pekerjaan rumah ke depan masih sangat besar. Bagaimana spirit kemenangan di ASC Thailand bisa terus kita perluas. Bagaimana role model terbaik di masing-masing bidang kejuruan bisa kita perbanyak (masifikasi)," tutur dia.

Menaker menyatakan, ada tiga faktor, yang perlu ditekankan, terkait penyiapan sumberdaya manusia (SDM). Ketiganya yakni kualitas, kuantitas, serta penyebaran.

"Kualitas sudah ditunjukkan oleh teman-teman yang menjadi peserta ASC dan world skill competition di Thailand, dengan perolehan medalinya," kata dia. Di banyak kejuruan, di banyak bidang profesi, Indonesia juara. Hanya ini baru role model. Yang juara seperti ini ada berapa?

"Tugas kita, pemerintah, industri, perusahaan, dan masyarakat untuk melakukan masifikasi," ujarnya. Agar, para ahli ini bisa diperbanyak karena kebutuhan akan pekerja skill juga besar.

Editor : Silli Melanovi