logo

Asian Games 2018: Hujan Emas Di Pencak Silat

Asian Games 2018: Hujan Emas Di Pencak Silat

27 Agustus 2018 13:27 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pencak silat membuktikan diri menjadi cabang olahraga (cabor) tambang emas Indonesia pada Asian Games XVIII/2018. Dalam pertarungan final hingga Senin (27/8/2018) siang pukul 12.42, seni beladiri kebanggaan Indonesia ini sudah menyumbang tiga medali emas untuk Kontingen Merah Puttih.

Hujan emas pun akan terjadi untuk meningkatkan raihan Indonesia di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pasalnya masih ada 11 nomor final lagi yang diikuti pendekar Garuda. Baik di nomor seni maupun tanding. Target Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) untuk merebut empat emas diperkirakan akan terlampaui.

Sampai hari ini, pencak silat langsung melesat sebagai cabor terbanyak mensuplai emas kepada Indonesia. Melewati dua emas yang sebelumnya dipersembahkan masing-masing oleh balap sepeda dan paralayang.

Persembahan emas demi emas dari pencak silat yang baru pertama kali mentas di pesta olahraga antarnegara Asia itu membuat Indonesia kini memperoleh 15 emas. Tinggal tiga emas lagi Indonesia akan memenuhi target merebut 18 emas demi aman berada di posisi 10 besar. Kontingen Garuda kini naik ke posisi empat klasemen sementara perolehan medali dengan menggeser Iran yang kini berada di posisi lima dengan 14 emas.

Kegemilangan pencak silat dalam mendulang emas diawali oleh Puspa Arum Sari yang mengumbang emas ke-13 bagi Indonesia dari nomor seni tunggal putri. Dia mengungguli Nurzuhairah Mohammad Yazid dari Singapura dan Cherry May Regalado asal Filipina yang secara berurutan meraih perak dan perunggu.

Setelah Puspa emas ke-14 Indonesia datang dari Yola Primadona Jampil dan Hendy yang berjaya pada nomor ganda putra seni. Yola/Hendy mencetak  580 poin mengunguli duet  Vietnam (562 poin) dan Malaysia (560) yang punya poin sama dengan Thailand. 

Tidak berhenti sampai di situ. Pencak silat kembali menyumbang emas ke-15 Indonesia melalui nomor beregu putra seni. Tim Merah Putih yang diperkuat Nugraha, Sani Asep Yuldan, dan Mubarok Anggi Faisal tampil mempesona memperagakan jurus untuk meraih 465 poin. Unggul 15 angka atas Vietnam (450) dan Thailand (448) yang mendapat perak dan perunggu.

Pencak silat masih membutuhkan satu emas untuk memenuhi target empat emas. Namun diperkirakan ini akan tercapai. Bahkan bisa lebih karena masih ada 11 nomor final lagi yang diikuti Indonesia.  ***

Klasemen sementara enam besar perolehan medali:

1. China : 78 - 59 - 38

2. Jepang : 40 - 34 - 49