logo

DIsediakan Titik Antar Jemput Ojek Online

DIsediakan Titik Antar Jemput  Ojek Online

Ojol menunggul penumpang di pinggir jalan gedung bertingkat di Jakarta
23 Juli 2018 21:44 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menyediakan titik antar-jemput (drop off) penumpang ojek online (ojol), di dalam halaman kantor.

Hal  ini sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan yang disebabkan banyaknya pengemudi ojol menggunakan bahu jalan untuk sekadar antar-jemput penumpang atau beristirahat.

"Kita di pemprov harus memberi contoh, maka semua kantor-kantor pemprov menyediakan tempat khusus agar tidak mengganggu ruang milik jalan," kata Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota , Senin (23/7/2018).

Gubenur Anies menegaskan, dalam pertengahan pekan ini, pihaknya bakal memanggil operator ojol untuk membahas hal itu.

Namun dia juga berharap seluruh pengelola gedung di Ibu Kota mau menyediakan titik drop off mengikuti langkah pemprov.

"Yang akan dibicarakan adalah penentuan titik-titik di mana saja yang tidak bisa melakukan penurunan atau penjemputan penumpang," ujarnya.

Anies menerangkan, berdasarkan data dari Dishub DKI, sudah ada 90 titik yang bisa dijadikan drop off untuk Grab dan enam oleh Gojek. Dia berharap seluruh kantor-kantor di DKI di luar pemprov mau menyediakan drop offmengingat, pengguna ojol adalah karyawan di perusahaan itu.

Anies melanjutkan, pihaknya juga bakal menginstruksikan agar Pasar Jaya, terminal, dan RSUD menyediakan titik drop off agar tidak mengganggu lalu lintas khususnya pada jam operasional pagi dan sore.

Dia tidak bisa memastikan apakah di kemudian hari, apabila seluruh operator sudah bekerja sama dengan pemprov, bakal diberlakukan sanksi jika ditemukan ada pengemudi ojol yang melanggar titik-titik drop off.

"Coba nanti kita atur tapi rasanya kita ini coba cari akal bagaimana caranya, supaya tidak berada di jalan dengan difasilitasi," kata Anies menegaskan.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Paramadina, Dody Iswantoro Adi menyambut positif ide Gubernur Anies.

"Ini ide bagus dari Pak.Gubernur Anies. Nyatanya.pada saat jam.kedatangan dan.kepulangan, kantor- kantor pemerintah dan swasta selalu dipenuhi ojol. Contoh di gedung Pemprov DKI Jalan Merdeka Selatan, lalu gedung- swasta di kawasan Kuningan dipenuhi ojol yang berpotensi menimbulkan kemacetan," kata Dody.

Editor : Yon Parjiyono